Memahami Lebih Jauh Profesi Kondektur Bus

By | May 8, 2022

Seperti apa sih rasanya bekerja menjadi Kondektur Bus ? Profesi ini tak menjadi pilihan semua orang, mungkin hanya mereka yang sepenuhnya paham dunia transportasi saja yang memberanikan diri menjalankan profesi ini sebagai sebuah pekerjaan. Meski begitu, dengan semakin besarnya perhatian pemerintah pada sektor transportasi publik, profesi Kondektur Bus menjadi pekerjaan yang menjanjikan dengan gaji yang tergolong tinggi.

Profesi Kondektur memang identik dengan bus kota tapi sebetulnya istilah ini berlaku di banyak kendaraan. Coba saja anda naik kereta api, petugas yang berkeliling memunguti karcis juga disebut kondektur bukan? Istilah ini juga berlaku di kapal laut karena di situ ada petugas berseragam yang memunguti tiket di kabin kapal. Nah sudah paham kan ?

Secara umum, selain Kondektur Bus, maksud saya peran kondektur secara umum adalah melakukan pengecekan tiket kemudian memberi informasi soal perjalanan kendaraan. Tugas seorang kondektur di banyak moda transportasi tidak begitu berbeda. Hampir sama semuanya. Saat ini dengan semakin terjaminnya posisi seorang kondektur di perusahaan di mana ia bekerja, ia diberi tanggung jawab terkait operasional dan keselamatan penumpang di dalam perjalanan.

Bukan itu saja, kini ada hal lainnya yang menjadi tanggung jawab seorang kondektur yaitu mengurusi kebutuhan penumpang. Jika anda berminat untuk menjadi seorang kondektur bus, itu tak jadi masalah. Hanya saja soal pilihan moda transportasi mungkin anda harus memikirkannya dari sekarang. Apakah anda ingin menjadi seorang kondektur bus, kondektur kereta api, atau kondektur kapal laut ?

Selebihnya yang harus dilakukan tentu saja mencari informasi di perusahaan apa yang sedang membuka lowongan untuk posisi kondektur. Akan lebih baik jika anda punya rekan yang berkompeten di sebuah perusahaan jasa transportasi agar pengurusan lamaran menjadi lebih mudah. Jika ingin menjadi kondektur bus, berusahalah untuk menjadi pribadi yang fleksibel karena penumpang bus ingin dilayani oleh staf yang ramah, dan bisa memfasilitasi kebutuhannya selama dalam perjalanan.

Untuk menjadi kondektur bus ada tahapan nya. Lewati setiap tes yang diselenggarakan oleh provider jasa transportasi dengan sabar. Anda harus melalui tes administrasi, tes kesehatan, psikotes, dan lain-lain. Soal gaji jangan khawatir karena saat ini lebih diperhatikan, kondektur bus difasilitasi dengan tunjangan pokok, uang makan, hingga tunjangan kesehatan. Menarik kan ??

sumber : www.piknibus.co.id