Kapolri Pantau Arus Mudik Lebaran Via Helikopter

By | April 30, 2022

Jakarta News – Kapolri jendral Listyo Sigit Prabowo memantau langsung situasi terkini arus mudik  H-3 Idul Fitri atau Lebaran 2022. Pengecekan itu dilakukan menggunakan helikopter dengan melihat kondisi arus lalu lintas jalur mudik dari Jakarta menuju arah timur.

Berdasarkan pantauannya, Sigit tampak melihat dinamika situasi lalu lintas yang berkembang hingga siang hari ini lewat pantauan udara. Nantinya, setelah melakukan pemantauan secara langsung through udara, Kapolri dan jajaran juga akan melakukan peninjauan langsung di Tol Cikampek Km 70.

Sigit akan melihat expositions penerapan kebijakan rekayasa lalu lintas one way dan ganjil-genap di Tol Cikampek hingga Tol Kalikangkung tersebut.

Sigit sebelumnya menyatakan, untuk hari ini, contraflow mulai dilakukan dari Km 47 dan one way mulai Km 70. Hal ini dilakukan supaya arus dari arah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat ke DKI Jakarta menuju wilayah Sumatera bisa berjalan.

“Upaya rekayasa kita terus evaluasi sehingga kita bisa urai kemacetan dengan baik,” tutur Sigit.

Dalam kesempatan ini, Sigit tak henti-hentinya mengimbau masyarakat yang mau mudik juga memanfaatkan moda transportasi lainnya, seperti kereta programming interface dan kapal laut. Hal ini dilakukan guna mengurangi beban jalan dan menghindari kemacetan.

Selain itu, Sigit meminta masyarakat yang mudik tetap menjaga protokol kesehatan (prokes). Selan itu, dia mendorong vaksinasi hingga dosis III atau supporter.

“Beberapa waktu lalu pasca-Idul Fitri, Natal dan tahun baru ada kecenderungan peningkatan COVID-19. Angka COVID-19 kita selama ini dijaga dengan baik. Inspiration rate 0,58 di bawah 1. Angka harian 300-600 dan ini harus dipertahankan. Kita jaga mudik dengan aman namun sehat, juga pasca-Idul Fitri angka COVID-19 bisa dikendalikan dan ini akan berdampak pertumbuhan ekonomi kita,” tutup Sigit.

Aktivitas Terminal Bekasi kembali berjalan typical setelah sejumlah pemudik menumpuk akibat transport yang datang terlambat. Terminal Bekasi mempersiapkan transport tambahan jika terjadi lonjakan jumlah pemudik.

Pantauan detikcom pada Jumat (29/4/2022) pukul 14.40 WIB terlihat transport dengan jurusan menuju Jawa Barat sudah memenuhi setiap pool. Para pemudik terpantau tidak memenuhi ruang tunggu transport.

 

Menurut Kabid Angkutan Dishub Kota Bekasi Erwin keberangkatan pemudik sudah mulai lancar. Menurutnya, keterlambatan transport akibat adanya kemacetan saat transport berangkat menuju Bekasi.