Pahami Asuransi Kendaraan, Bisa Menghindari Jadi Korban Penipuan

By | April 26, 2022

Salah satu asuransi yang bisa Anda pilih karena fungsi pentingnya adalah untuk kendaraan. Pahami asuransi kendaraan sehingga bisa mendapatkan manfaat atas ganti rugi kerusakan atau kehilangan mobil Anda. Namun, Anda harus memahami bagaimana mekanismenya agar tidak menjadi korban penipuan.

Pahami Asuransi Kendaraan yang Bisa Diklaim

Asuransi kendaraan merupakan produk pengelolaan keuangan yang menawarkan manfaat atas kerusakan dari mobil Anda. Tingginya angka kecelakaan di jalan sehingga penting untuk pahami asuransi kendaraan dengan tujuan untuk melindungi.

Anda harus memahami cakupan perlindungan asuransi kendaraan yang terbagi menjadi dua, yaitu asuransi mobil all risk dan TLO. Untuk asuransi all risk menawarkan ganti rugi untuk kerusakan dan perawatan berat maupun ringan.

Sedangkan untuk TLO hanya menanggung ganti rugi secara total saja. Namun, keduanya menawarkan pertanggungan atas kehilangan mobil akibat pencurian. Nasabah perlu memahami risiko apa saja yang bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi, antara lain:

  • Menanggung mobil yang mengalami tabrakan, benturan, tergelincir, terperosok dan terbakar.
  • Kerusakan mobil yang diakibatkan perbuatan jahat dan pencurian yang disertai kekerasan dan ancaman.
  • Risiko tanggung jawab dari pihak ketiga, apabila terjadi kecelakaan yang menyebabkan kematian atau cedera. Selain itu, menanggung juga kerusakan properti akibat dari pihak ketiga.

Kejadian yang Tidak Ditanggung Pihak Asuransi

Belum banyak pemegang polis yang memahami cover polis sehingga untuk beberapa kejadian merasa menjadi korban penipuan. Hal ini terjadi sebagai akibat ditolaknya klaim karena sebab kerusakan kendaraan tidak ditanggung oleh asuransi

Pertanggungjawaban dari perusahaan asuransi juga memiliki beberapa batasan dalam cover asuransi. Hal ini telah diatur dalam PSAKBI. Beberapa pengecualian tersebut bisa Anda simak pada penjelasan berikut ini:

  • Terjadinya kecelakaan dengan pengemudi di bawah umur. Bisa juga terhadap kecelakaan dengan pengemudi yang tidak membawa SIM yang masih berlaku atau berada di bawah pengaruh alkohol.
  • Kerusakan sebagai akibat dari memberi pelajaran kepada pengemudi, mengikuti unjuk rasa. Selain itu kendaraan dijadikan transportasi untuk tindak kejahatan.
  • Pencurian yang dilakukan oleh saudara sendiri.
  • Kerusakan sebagai akibat dari membawa muatan yang melebihi batas.

Pahami asuransi kendaraan bermotor sehingga tidak terjebak dalam pemikiran menjadi korban penipuan. Sebab, ada beberapa hal yang tidak menjadi tanggung jawab pihak perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *