Ketentuan Zakat Yatim

By | April 15, 2022

Membayar zakat yatim adalah tindakan mulia yang sangat disukai Allah SWT. Beberapa lembaga pengumpul zakat Indonesia juga rutin melakukan penggalangan dana untuk menyantuni anak yatim. Tapi apakah dalam hukum Syariat, anak yatim termasuk salah satu golongan penerima zakat? Mari kita bahas bersama-sama.

Kriteria Anak Yatim yang Berhak Menerima Zakat

Dalam Al-Qur’an Surat At-Taubah, disebutkan bahwa anak yatim bukan termasuk golongan penerima zakat. Allah SWT berfirman, sesungguhnya orang-orang yang berhak atas zakat adalah fakir, miskin, orang yang dililit hutang, hamba sahaya, muallaf, amil, musafir, dan orang yang berjuang di jalan Allah. Apabila anak yatim tersebut memenuhi kriteria penerima zakat tersebut, maka berhak menerimanya.

Manfaat Zakat Anak Yatim

Umat muslim yang senantiasa berbagi dan saling tolong menolong dalam kebaikan akan sangat disayang Allah SWT. Segala urusannya akan dimudahkan, mendapat harta yang berkah, dan menerima pahala besar. Cara berbagi sesuai anjuran Syariat ada banyak, salah satunya berzakat kepada anak yatim yang memenuhi kriteria penerima zakat.

Menurut web pantiyatim.or.id, umat muslim yang menunaikan amalan ini akan memperoleh manfaat berikut:

·       Harta yang berkah

·       Memperpanjang usia

·       Terhindari dari bencana

·       Menjauhkan diri dari api neraka

·       Mendapat pahala meski sudah meninggal dunia

·       Menenangkan dan menyejukkan hati

Cara Menyantuni Anak Yatim yang Dianjurkan

Bentuk menyantuni anak yatim yang paling utama adalah membawa mereka ke dalam keluarga, memperlakukannya seperti anak sendiri, memberikan pendidikan yang layak, lalu mencukupi kebutuhan mereka hingga baligh. Hal ini sangat dianjurkan dalam Syariat. Selain itu bisa dengan bersedekah. Akan lebih mudah melalui lembaga amil zakat terpercaya di Indonesia LAZNAS PYI Yatim dan Zakat.

Nabi Muhammad SAW mengatakan kepada para umatnya bahwa ada 3 macam amalan yang pahalanya akan terus mengalir meski seseorang telah wafat. Yakni ilmu yang bermanfaat, doa anak saleh dan sedekah jariyah. Maka jadilah kita umat muslim yang saling memberi dan mengasihi anak yatim. Kita dapat mencerahkan masa depan mereka dengan berzakat.

Silahkan klik link pantiyatim.or.id/l/zakat1-2/ untuk mulai berdonasi. Sedekah Anda akan sangat membantu mereka.