Hukum Menunaikan Zakat 2022 Secara Digital

By | April 15, 2022

 

Berencana bayar zakat 2022 secara digital? Cara ini memang menjadi solusi di kondisi pandemi, namun karena belum mengetahui hukumnya membuat banyak orang ragu melakukannya. Setiap umat muslim perlu mengetahui akadnya bagaimana, karena ada aturan dan hal-hal yang perlu diperhatikan sesuai ketentuan. Dari Kementrian  Indonesia juga lebih menyarankan masyarakat untuk berzakat secara digital karena dapat membatasi kontak fisik dengan orang lain.  

Hukum Bayar Zakat Digital dan Cara Menghitung Besaran

Sebenarnya syarat sah utama menunaikan zakat adalah niat dari muzakki. Akad jabat tangan bukan syarat sah, sehingga bisa dilakukan dengan cara lain. Misalnya konfirmasi telah melakukan transfer kepada amil, itu sudah bisa menjadi akad. Terkait zakat digital, masyarakat dapat mengibaratkannya sebagai media atau transportasi yang akan mengirimkan dana kepada amil.

Namun perlu dipastikan bahwa lembaga pengelola yang menyalurkan zakat langsung kepada mustahik dapat dipercaya. Untuk menentukan legal tidaknya lembaga pengumpul zakat di Indonesia, pemerintah telah menetapkan beberapa kriteria khusus.

·       Resmi dan legal

·       Memiliki struktur kelembagaan yang jelas

·       Mempunyai visi dan misi

·       Jujur dan dapat dipercaya

Anda dapat mencari tahu perhitungan zakat penghasilan, zakat harta (maal) dan zakat perniagaan melalui kalkulator pantiyatim.or.id. Kunjungi webnya dan klik menu “kalkulator zakat”.

Keuntungan Bayar Zakat Digital

·       Dana zakat lebih cepat ke mustahiq, karena disalurkan langsung oleh Lembaga Pengelola Zakat secara transparan.

·       Memiliki bukti transaksi sehingga memudahkan Amil membuat laporan zakat.

·       Memudahkan muzakki membayar zakat kapan saja dan bisa dari mana saja.

Anda tak perlu ragu membayar zakat secara digital. Kalau sedang mencari lembaga pengelola zakat terpercaya di Indonesia, maka kami rekomendasikan LAZNAS PYI Yatim dan Zakat yang dapat dipercaya. Bisa dipastikan dana zakat Anda akan sampai pada orang-orang yang berhak menerimanya. Kehadiran lembaga pengumpul zakat ini sangat membantu di masa pandemi, memudahkan mereka yang berzakat dalam membelanjakan harta yang mereka berikan.

Membantu orang lain yang sedang membutuhkan merupakan perbuatan yang mulia. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah zakat. Silahkan klik link pantiyatim.or.id/L/zakat1-2″\ untuk mulai berdonasi.