U Ditch Beton Bertulang Solusi Saluran Air Di Indonesia

By | April 14, 2022

Laju pembangunan infrastruktur di Indonesia masih terus meningkat namun masih terdapat beberapa masalah pada infrastruktur pendukung seperti dalam sistem saluran drainase. Sistem drainase saat ini belum terbukti mampu mengurangi kerentanan banjir yang dapat merusak sarana dan prasarana lainnya dan dapat melumpuhkan jalur transportasi jika genangan air cukup tinggi.

U Ditch beton bertulang merupakan salah satu inovasi dari beton pracetak yang diperuntukan sebagai saluran, baik untuk saluran drainase maupun saluran irigasi. Ketinggian saluran terbuka ini dapat bervariasi mengikuti kebutuhan di lapangan atau elevasi saluran yang diinginkan. Tipe sambungannya menggunakan plat joint dimana pada bagian pertemuan sambungannya cukup diberikan mortar sebagai penutup nat.

Contoh Kasus

Dari hasil perhitungan diperoleh desain penampang saluran U-ditch berukuran 500 x 500 x 1000 mm3. Ketebalan dinding bagian bawah yaitu 70 mm yang berangsur-angsur berkurang menjadi 60 mm akibat efek momen yang semakin mengecil ke atas pada sisi dinding U-ditch. U-ditch pracetak yang diproduksi sesuai standar membutuhkan waktu 2,6 jam ditambah proses perawatan (curing) 28 hari.

Pengujian pembebanan dilakukan berdasarkan standar pengujian saluran yang direkomendasi oleh JIS (Japan Industrial Standar). Hasil pengujian menunjukkan bahwa U-ditch tipe normal mampu menahan momen maksimum hingga 10.50 kNm. Untuk meminimalkan dimensi diberikan sistem corrugate pada dinding dimana hasil pengujian menunjukkan penurunan kapasitas momen menjadi 8.72 kNm.

Untuk mempertahankan kapasitas momennya maka dilakukan perkuatan struktur pada dinding dengan CFRP yang menunjukkan hasil pengujian sedikit mengalami peningkatan kembali dengan momen maksimum 9.70 kNm.

Beberapa perusahaan lokal telah memproduksi U-ditch Pracetak untuk digunakan sebagai alternatif konstruksi pracetak. Namun, produksi lokal tidak memiliki konsistensi baik dalam ukuran maupun kualitas mutunya.

Hampir sebagian besar produk lokal belum memperhitungkan beban-beban desain minimal yang dapat dipikul oleh sistem saluran sehingga memiliki dimensi yang terlalu besar atau tidak efisien. Hal tersebut disebabkan oleh tidak adanya standar baku terkait desain dan produksi terkait hal tersebut.

Berdasarkan permasalahan di atas maka perlu dikembangkan suatu standar baku terkait desain dan produksi untuk menjamin kualitas produk U-ditch pracetak. Maka dilakukan penelitian dan kajian-kajian terkait mengenai “Studi Standar Desain dan Produksi U-ditch Pracetak”.

Dalam penelitian ini akan didesain produk U-ditch pracetak dengan memperhitungan beban desain minimal yang dapat dipikul sehingga menghasilkan desain penampang yang efektif dengan menggunakan material dan proses produksi yang mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI). Sehingga dengan adanya standar baku tersebut dapat dihasilkan U-ditch pracetak yang lebih berkualitas.

Sistem Drainase di Perkotaan

Sistem jaringan drainase perkotan umumnya dibagi atas 2 bagian, yaitu :

1. Sistem Drainase Mayor

Sistem drainase mayor yaitu sistem saluran/badan air yang menampung dan mengalirkan air dari suatu daerah tangkapan air hujan (Catchment Area). Pada umumnya sistem drainase mayor ini disebut juga sebagai sistem saluran pembuangan utama (major system) atau drainase primer.

Sistem jaringan ini menampung aliran yang berskala besar dan luas seperti saluran drainase primer, kanal-kanal atau sungai-sungai. Perencanaan drainase makro ini umumnya dipakai dengan periode ulang antara 5 sampai 10 tahun dan pengukuran topografi yang detail mutlak diperlukan dalam perencanaan sistem drainase ini.

2. Sistem Drainase Mikro

Sistem drainase mikro yaitu sistem saluran dan bangunan pelengkap drainase yang menampung dan mengalirkan air dari daerah tangkapan hujan. Secara keseluruhan yang termasuk dalam sistem drainase mikro adalah saluran di sepanjang sisi jalan, saluran/selokan air hujan di sekitar bangunan, gorong-gorong, saluran drainase kota dan lain sebagainya dimana debit air yang dapat ditampungnya tidak terlalu besar.

Harga U Ditch Beton Precast Saluran Air Terbaru

Ulasan mengenai U Ditch Beton Bertulang Solusi Saluran Air Di Indonesia di atas semoga menjadi referensi yang tepat bagi Anda yang hendak membangun saluran air. Karena pekerjaan saluran air dan drainase membutuhkan material yang benar-benar sesuai agar hasilnya berkualitas dan awet.

Dengan demikian, Anda akan lebih menghemat waktu dan biaya. Jika Anda ingin mengetahui Harga U Ditch Beton Precast Saluran Air Terbaru silahkan temukan di https://hargauditch.com/ sebagai referensi yang tepat mengenai harga u ditch untuk pembangunan irigasi di daerah Anda.