Langkah Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

By | April 13, 2022

Artikel ini menjelaskan cara memindahkan aplikasi Android ke kartu SD.

Informasi di bawah ini berlaku untuk semua pabrikan ponsel android seperti Samsung, Google, Huawei, Xiaomi, dll.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Sebagian besar ponsel dan tablet Android modern mendukung kartu microSD. Jika Anda memiliki tablet atau ponsel Android yang lebih lama, mungkin memerlukan kartu miniSD.

Buka kartu microSD di ponsel atau tablet Anda. kartu microSD biasanya terletak di sepanjang sisi perangkat Android. Itu bisa disembunyikan di bawah penutup plastik, atau mungkin ada lubang kecil di mana Anda harus memasukkan pin atau jarum ke dalamnya.

 

Jika baki kecil muncul, masukkan kartu microSD Anda ke dalamnya dan masukkan kembali baki ke perangkat Android Anda. Jika perangkat Anda hanya memiliki lubang kecil, masukkan disk langsung ke dalamnya.

Dengan layar menghadap Anda, pastikan bagian samping kartu microSD dengan label atau stiker menghadap ke atas saat Anda memasukkannya.

Sebelum Anda mulai, pastikan kartu microSD telah diformat dengan benar. Jika perangkat Android Anda memberi Anda pemberitahuan setelah memasukkan kartu SD, ketuk Siapkan dan pilih Gunakan sebagai penyimpanan internal sebagai gaya format.

Jika Anda tidak mendapatkan notifikasi, atau Anda menutupnya secara tidak sengaja, format kartu SD secara manual.

Geser ke bawah dari bagian atas layar dan ketuk roda gigi Pengaturan.

Ketuk Aplikasi & notifikasi > Info aplikasi.

Di Android 7 dan versi lebih lama, ketuk Aplikasi.

Ketuk aplikasi Android yang ingin Anda pindahkan ke kartu SD.

Ketuk Penyimpanan.

Ketuk Ubah.

Jika Anda tidak melihat Ubah di layar ini, aplikasi tidak dapat ditransfer ke kartu SD.

Ketuk kartu SD Anda dari daftar lokasi penyimpanan. Aplikasi yang Anda pilih akan dipindahkan ke kartu SD.

 

Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card di HP Xiaomi

 

Apa Itu Kartu SD?

Kartu SD adalah kartu plastik kecil untuk menyimpan data. Ada tiga ukuran kartu SD.

Kartu SD: Format kartu SD asli, berukuran 24×32 mm. Ini biasanya digunakan di komputer desktop dan laptop.

Kartu MiniSD: Kartu miniSD lebih kecil dari kartu SD biasa, berukuran 21×30 mm. Format ini umum di model smartphone dan tablet lama, tetapi akhirnya digantikan oleh kartu microSD yang lebih kecil.

Kartu MicroSD: Jenis kartu SD yang biasanya digunakan di smartphone modern, tablet, kamera digital, dan konsol permainan seperti Nintendo Switch. Kartu MicroSD berukuran 15×11 mm.

Semua kartu SD tersedia dalam berbagai ukuran penyimpanan, dan harganya bervariasi tergantung pada ukuran, merek, dan toko yang menjualnya.

Sebagian besar kartu miniSD dan microSD dijual dengan adaptor yang memungkinkannya digunakan pada perangkat yang memerlukan ukuran kartu SD standar.

 

Mengapa Memindahkan Aplikasi Android ke Kartu SD?

Memindahkan aplikasi Android dapat mengosongkan ruang di perangkat Anda untuk aplikasi, file, dan foto lain. Namun, karena sebagian besar data aplikasi disimpan ke cloud, cara yang lebih mudah untuk melakukannya adalah dengan menghapus aplikasi dan mengunduhnya kembali nanti jika Anda membutuhkannya.

Jika Anda memiliki cukup ruang di tablet atau ponsel cerdas Android Anda dan tidak mengalami masalah memori, sebenarnya tidak ada alasan untuk menggunakan kartu SD.

 

BisakahMemindahkan Semua Aplikasi Android ke Kartu SD?

Meskipun sebagian besar aplikasi Android dapat ditransfer ke kartu SD, beberapa tidak. Pembatasan ini biasanya ditempatkan pada aplikasi oleh pengembang mereka karena mereka perlu mengakses perangkat keras perangkat Android Anda secara langsung.

Aplikasi semacam itu juga mungkin diperlukan agar ponsel cerdas atau tablet Anda berfungsi dengan baik, dan meletakkannya di kartu SD akan merusak perangkat Anda saat kartu dilepas. Jika aplikasi Android tidak dapat ditransfer ke kartu SD, opsi untuk memindahkannya tidak akan muncul, jadi Anda tidak perlu khawatir mentransfer aplikasi yang salah.

 

Apa kegunaan SD Card?

Selain digunakan untuk menyimpan instalasi aplikasi Android, Anda juga dapat memindahkan foto, video, dan file lainnya ke kartu SD. Menempatkan file pada kartu SD akan mengosongkan ruang dan memungkinkan Anda mentransfer file ke perangkat lain.