Proses Klaim Asuransi Mobil

By | April 4, 2022

Proses dan penanganan kalim asuransi mobil terbaik dapat berbeda antara kasus satu dengan lainnya. Waktu yang diperlukan untuk proses klaim asuransi pun juga tergantung dengan kelengkapan dokumen maupun persyaratan yang disediakan pemilik kendaraan.

Proses Klaim Asuransi Mobil

Bagi anda yang ingin mengajukan klaim asuransi, diharapkan untuk mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan secara lengkap agar bisa berjalan dengan lancar. Di bawah ini proses klaim asuransi berdasarkan pemilik polis yang perlu anda ketahui.

1. Proses Klaim Asuransi Akibat Kecelakaan

Proses pengajuan klaim akibat kecelakan ini dilakukan dengan survey terlebih dahulu dari pihak asuransi guna memastikan klaim yang anda ajukan bukan mengada-ada. Pihak asuransi umumnya akan mendatangkan tim survey untuk memeriksa mobil atau pemilik mobil bisa membawa mobil tersebut ke bengkel rekanan untuk dicek lebih lanjut.

Apabila pengajuan klaim anda diterima, maka anda akan memperoleh surat perintah kerja perbaikan mobil pada bengkel rekanan.

2. Proses Klaim Asuransi Akibat Pencurian

Untuk anda yang memiliki asuransi all risk maka anda akan mendapatkan penggantian unit mobil saat terjadi pencurian maupun aksi kejahatan. Pihak asuransi akan memeriksa berkas kejadian terlebih dahulu untuk menentukan apakah klaim asuransi anda layak diterima atau tidak.

Jika diterima, maka perusahaan asuransi akan menanggung kerugian berdasarkan kesepakatan yang ada dalam polis.

3. Proses Klaim Asuransi Akibat Kecelakaan dengan Pihak Ke-3

Proses klaim asuransi ini tidak berbeda jauh dengan klaim asuransi akibat kecelakaan. Namun terdapat satu perbedaan yang perlu anda ketahui yakni pengajuan klaim asuransi bisa saja ditolak apabila kendaraan pihak ke-3 sudah diasuransikan.

Apabila pengajuan klaim anda diterima, maka perusahaan asuransi akan memberikan biaya perbaikan mobil milik pihak ke-3 di bengkel rekanan. Namun anda tetap perlu mempersiapkan biaya klaim asuransi kendaraan yang lecet maupun kerugian lain sesuai kesepakatan.

Selain biaya perbaikan mobil, anda juga bisa memperoleh biaya penggantian perawatan pengemudi dengan memberikan bukti kwitansi biaya pengobatan.

Demikian ulasan mengenai proses klaim asuransi mobil yang perlu anda ketahui. Salah satu layanan asuransi mobil yang bisa anda pilih adalah Insureka. Kami menawarkan beberapa jenis produk asuransi yang bisa anda pilih berdasarkan kebutuhan kendaraan yang anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *