Perekonomian 4 Sektor

By | March 28, 2022

Diskusi Perekonomi 4 Sektor ini akan menjelaskan apa itu Ekonomi 4 Sektor.

Ekonomi empat sektor adalah kegiatan ekonomi yang dibedakan berdasarkan empat sektor di dalamnya, yaitu rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan luar negeri.

Dalam istilah lain, ekonomi empat sektor disebut ekonomi terbuka. Hal ini karena kegiatannya melibatkan transaksi dengan luar negeri. Dalam praktiknya, keempat sektor tersebut membentuk bagan melingkar yang berkelanjutan.

Barang-barang yang diproduksi digunakan di dalam negeri dan dijual ke negara lain. Selain itu, ada juga barang impor dari negara lain.

Perekonomian empat sektor ini melibatkan orang asing dalam kegiatannya. Inilah sebabnya mengapa ini juga dikenal sebagai ekonomi terbuka.

Pasar yang mempengaruhi kegiatan ekonomi meliputi pasar barang, uang, tenaga kerja, lembaga keuangan, dan pasar luar negeri.

 

Empat komponen dalam ekonomi 4 sektor meliputi:

#1 Rumah Tangga

Rumah tangga dapat didefinisikan sebagai dua orang atau lebih yang tinggal di suatu tempat dan berbagi makanan dan akomodasi hidup, yang terdiri dari satu atau lebih keluarga.

Dalam pengertian yang luas, istilah rumah tangga juga dapat digunakan untuk menyebut perusahaan bahkan negara.

Hubungan rumah tangga dengan sektor lain meliputi:

Hubungan dengan perusahaan. Rumah tangga memiliki SDM dan menjualnya ke perusahaan. Kemudian, ada interaksi antara perusahaan dan rumah tangga di pasar tenaga kerja. Dari penjualan tersebut, rumah tangga memperoleh keuntungan berupa upah, bunga dan keuntungan. Aspek-aspek ini menyatu dalam pasar keuangan dan lembaga keuangan.

Hubungan dengan pemerintah. Rumah tangga menyetor pajak kepada pemerintah dan menerima bukti pembayaran.

Hubungan dengan negara lain. Rumah tangga melewati pasar barang dan jasa untuk dapat mengimpor barang dan jasa.

 

#2 Perusahaan

Perusahaan merupakan tempat berlangsungnya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Secara resmi, ada perusahaan yang terdaftar dan ada yang tidak. Perusahaan yang terdaftar akan diakui oleh pemerintah.

 

#3 Pemerintah

Di Indonesia, peran pemerintah dalam bidang ekonomi cukup besar. Hal ini karena pemerintah bertindak sebagai aktor sekaligus pengatur kegiatan ekonomi.

 

#4 Sektor Luar Negeri

Hubungan dengan rumah tangga. Negara yang memiliki produk rumah tangga yang cocok untuk negara lain dapat menjualnya kepada masyarakat negara tersebut. Transaksi terjadi di pasar luar negeri. Dari situ, produk tersebut diteruskan ke pasar domestik sehingga dapat dinikmati oleh setiap individu.

Hubungan dengan perusahaan. Negara lain dapat menjual produknya ke perusahaan. Barang terjun ke pasar domestik. Kemudian diteruskan ke pasar barang. Dalam kaitannya dengan luar negeri dikenal dengan kegiatan ekspor-impor. Kedua kegiatan tersebut memiliki plus minusnya masing-masing. Namun, secara umum, kegiatan ekspor lebih menguntungkan daripada impor.

 

Semoga Anda memahami konsep Perekonomi 4 Sektor ini.