Cara Menulis Salinan Penjualan

By | March 23, 2022

Saat menulis salinan penjualan, semua pemasar internet tahu bahwa salinan panjang akan menjual lebih banyak daripada salinan pendek. Ini tidak berarti bahwa semakin banyak kata semakin baik; kuantitas dan kualitas detail inilah yang akan meningkatkan kinerjanya.

 

Memiliki struktur penjualan yang benar akan membuat pembaca tetap tertarik dari awal hingga akhir. Ini adalah langkah-langkah yang harus diikuti untuk membuat surat penjualan yang sukses:

 

1. GUNAKAN HEADLINE YANG KUAT. Nyatakan manfaat utama produk Anda dalam kalimat singkat. Tarik perhatian pembaca Anda dan buat mereka ingin terus membaca.

 

2. BUAT KESEMBUHAN DENGAN SUB-HEADLINE. Dalam tidak lebih dari dua atau tiga kalimat pendek, perluas manfaat produk Anda dan ciptakan kegembiraan di pembaca Anda. Jika Anda menawarkan promosi terbatas, tentukan batasan penawaran Anda di sini.

 

3. GAMBARKAN MANFAAT PRODUK ANDA. Beri pembaca tiga alasan bagus untuk membeli produk Anda. Alasan ini tidak ada hubungannya dengan fitur produk; pikirkan apa yang diinginkan pelanggan Anda. Misalnya, jika Anda menjual vila liburan, katakan sesuatu seperti:

 

“Jika Anda ingin memanfaatkan kenyamanan apartemen mewah, menikmati matahari Mediterania dan menghemat uang untuk liburan musim panas Anda, maka ini mungkin surat paling penting yang pernah Anda baca”

 

4. JELASKAN PROPOSISI PENJUALAN UNIK ANDA. Ini adalah manfaat khusus yang membedakan produk Anda dari yang lain. Pada titik ini, Anda harus menyebutkan USP Anda dalam satu atau dua kalimat. Anda akan menjelaskan detailnya nanti di surat penjualan.

 

5. BUKTIKAN KREDIBILITAS ANDA. Yang paling penting untuk dijual di internet adalah kredibilitas. Pembaca Anda harus mempercayai Anda sebelum mereka membeli sesuatu dari Anda. Beri mereka tiga alasan mengapa mereka harus mempercayai Anda. Cobalah untuk membuktikan bahwa apa yang Anda katakan itu benar.

 

6. JELASKAN FITUR DAN MANFAAT PRODUK ANDA. Jelaskan bagaimana produk Anda akan meningkatkan kehidupan pembaca Anda atau bagaimana produk itu akan memecahkan masalah. Semakin banyak detail yang dapat Anda berikan, semakin meyakinkan salinan Anda.

 

7. MEMBERIKAN LEBIH DETAIL TENTANG PRODUK ANDA. Di sinilah Anda dapat memberi tahu pembaca segala sesuatu tentang produk Anda. Gunakan ruang sebanyak yang Anda butuhkan. Menulis sampai Anda bosan.

 

8. TERMASUK TESTIMONI PELANGGAN. Untuk terus membangun kredibilitas, sebutkan testimonial pelanggan yang telah membeli dari Anda dan menikmati produk Anda. Mintalah mereka menyebutkan apa yang paling mereka sukai tentang produk daripada membuat komentar umum seperti “Saya sangat menyukai produk Anda…” atau yang serupa. Sebutkan minimal lima testimoni.

 

9. MENGHILANGKAN KOMPETISI. Anda menghilangkan pesaing Anda dengan memberikan pembaca Anda informasi yang mereka butuhkan untuk melihat bahwa produk Anda lebih unggul. Sebutkan unsur-unsur di mana produk Anda sangat baik dan jauh lebih baik daripada pesaing Anda.

 

10. MEMBANGUN NILAI. Untuk membangun nilai dalam penawaran Anda, Anda harus memberi tahu pembaca bahwa penawaran Anda sangat bagus, sehingga mereka tidak dapat menolak untuk menerimanya. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membandingkan nilai penawaran Anda dengan nilai normal produk Anda.

 

11. MEMBERIKAN RINGKASAN DARI SEMUA YANG AKAN DITERIMA PELANGGAN ANDA. Pastikan pembaca Anda memahami semua yang akan dia dapatkan dari Anda.

 

12. CANTUMKAN HARGA PRODUK ANDA. Sebutkan harga reguler dan harga jual produk Anda. Harga reguler harus dicoret dan penawaran harus diikuti.

 

13. DAFTAR PRODUK BONUS ANDA. Tujuannya adalah untuk mendorong tindakan segera dengan menawarkan sesuatu yang ekstra. Dengan strategi ini, Anda juga menambahkan nilai pada produk Anda. Anda juga dapat mencoba menciptakan rasa urgensi dengan mengatakan bahwa bonus hanya akan tersedia untuk waktu yang singkat.