Tips Menyusun Proposal Pemasaran Produk Untuk Calon Investor

By | March 14, 2022

Tips Menyusun Proposal Pemasaran Produk Untuk Calon Investor – Ketika kita sebagai seorang pemilik bisnis atau usaha, yang mempunyai rencana pemasaran produk yang lebih luas, namun mempunyai beberapa hambatan dan memandang perlu menggandeng rekan atau investor lain, maka kita harus membuat proposal pemasaran produk dengan baik dan terstruktur.

Tujuannya adalah agar calon rekan atau investor menjadi tertarik untuk menjalin kerja sama yang saling menguntungkan. Proposal pemasaran juga mempunyai tujuan meyakinkan bahwa bisnis kita, produk kita, benar-benar bisa mendatangkan keuntungan.

Tips Menyusun Proposal Pemasaran Produk Untuk Calon Investor

Untuk membuat proposal pemasaran yang baik, tentu saja tidak sembarangan. Namun harus memenuhi struktur tertentu. Namun di sini tidak akan bagaimana secara teknis proposal itu dibuat. Namun akan membahas tentang beberapa hal yang harus disiapkan dan dilakukan dalam pembuatannya.

Proposal pemasaran produk makanan

Berikut Tips Menyusun Proposal Pemasaran Produk yang baik:

1. Persiapkan Data

Data menjadi dasar penting dalam menyusun proposal pemasaran. Kita tidak bisa menyusun proposal tersebut hanya berdasarkan asumsi, opini, atau perhitungan tanpa dasar (data) yang benar. 

Data yang benar akan memberikan gambaran yang benar. Dan hal tersebut akan membangun kepercayaan calon rekan atau invetor yang hendak diajak kerja sama. 

2. Tulis Secara Terstruktur

Proposal pemasaran umumnya mempunyai struktur yang umum, atau baku. Sehingga para calon rekan atau investorbisnis umumnya memahami cara menganalisa sebuah proposal pemasaran. Dan mudah mengambil kesimpulan terhadap peluang sebuah bisnis atau produk.

Umumnya struktur proposal itu sebagai berikut:

– Halaman judul

– Kata pengantar

– Daftar isi

– Ringkasan Bisnis

– Proposal (Isi Poroposal)yang mencantumkan dasar pemikiran, latar belakang, tujuan, rencana pemasaran, keunggulan produk,  uraian biaya yang diperlukan lengkap, dan sebagainya)

– Tentang Pengelola Bisnis

– Format Perjanjian

3. Gunakan Template

Ada banyak template proposal pemasaran yang bisa kita gunakan. Template tersebut sebenarnya membantu memudahkan kita menulis proposal dan menghasilkan proposal yang bagus. Banyak template proposal yang bisa digunakan secara gratis dan bisa dicari di Google.

4. Kemas Proposal Semenarik Mungkin

Setelah proposal pemasaran produk selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah mencetak, memperbanyak dan mengemas proposal tersebut dalam dokumen yang rapih dan menarik.

Tampilan dokumen proposal yang bagus akan berperan dalam “pandangan pertama” calon rekan atau investor yang akan kita ajak.

5. Revisi Bila Diminta

Kadang-kadang ada calon rekan atau investor bisnis yang meminta untuk merevisinya dengan memasukan hal-hal tertentu yang mereka inginkan. Jangan banyak alasan atau menolak, lakukan saja revisi seperti yang mereka pinta. Karena bisa saja mereka mempunyai standar yang harus dipenuhi untuk menjalin kerja sama.

Nah, itulah 5 tips dalam menulis proposal pemasaran sebuah produk yang akan kita kembangkan pemasarannya.