5 Cara Atasi JD.ID Paylater Tidak Bisa Digunakan

By | March 9, 2022

Apa yang kamu rasakan ketika JD.ID Paylater tidak bisa digunakan padahal tinggal checkout doang? Pasti kamu bingung dan langsung mencari tahu cara mengatasinya.  Artikel ini akan menginformasikan cara atasi JD.ID Paylater yang tidak dapat digunakan.

Cara Mengatasi JD.ID Paylater Tidak Bisa Digunakan

Berikut 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi  masalah tersebut:

  • Aktivasi Fitur Pembayaran Paylater dari Mitra

Jika fitur pembayaran Paylater di akun JD.ID kamu belum diaktifkan, fitur Paylater ini pun tidak bisa kamu gunakan. Sebelum melakukan pembayaran dengan JD.ID Paylater, daftar dan lakukan aktivasi terlebih dahulu. Untuk mengaktifkan fitur Paylater, kamu bisa mencoba langkah berikut:

  • Pilih salah satu penyedia layanan Paylater yang bekerja sama dengan JD.ID seperti Kredivo, Akulaku, Atome, KreditPlus, dan aplikasi Fintech lainnya. 
  • Setelah memilih mitra layanan Paylater, kamu harus perlu mengetahui syarat yang diperlukan untuk mendaftar dan mengaktifkan fitur Paylater.
  • Penuhi seluruh syarat yang diperlukan.
  • Ketika syarat telah terpenuhi, kamu bisa mengaktifkan fitur Paylater pada mitra layanan penyedia Paylater tersebut.
  • Kemudian, login ke aplikasi JD.ID.
  • Tambahkan mitra layanan penyedia Paylater tersebut sebagai opsi metode pembayaran “Cicilan Tanpa Kartu Kredit”. 
  • Selesai, aktivasi Paylater berhasil.
  • Melunasi Tagihan Kredit

Apakah kamu masih memiliki tagihan kredit yang belum dilunasi? Jika iya, segera lunasi seluruh tagihan tersebut. Tagihan kredit yang belum dilunasi dapat menyebabkan fitur Paylater tidak bisa digunakan.

Disinilah kamu perlu selektif memilih mitra paylater JD.ID. Pilih yang memberikan benefit lebih seperti bunga rendah, cicilan fleksibel. Misalnya Kredivo punya fitur cicilan 3 bulan tanpa bunga. Limitnya pun bisa hingga Rp30 juta bagi member premium.

Jangkauan lebih luas khususnya bagi kamu yang berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Bandar Lampung, Banjarmasin dan Pontianak.

  • Menyamakan Nomor Ponsel di JD.ID dan Mitra

JD.ID menjalin kerja sama dengan beberapa mitra penyedia layanan Paylater supaya bisa menghadirkan fitur pembayaran kredit tanpa kartu. Untuk menghubungkan aplikasi-aplikasi tersebut, diperlukan satu nomor ponsel supaya seluruh data tersinkronisasi.

Jika terdapat masalah seperti ini, kamu perlu mengubah nomor ponsel pada salah satu aplikasi. Pastikan bahwa nomor ponsel kamu telah sinkron antar aplikasi yang satu dengan yang lain. Kalau sudah sinkron, coba cek fitur Paylater kamu apakah sudah bisa digunakan kembali.

  • Melakukan Pembaruan Aplikasi 

Ketiga cara di atas sudah kamu coba, tapi fitur Paylater masih tidak bisa digunakan? Coba cek aplikasi JD.ID dan mitra penyedia Paylater, apakah terdapat notifikasi bahwa aplikasi kamu perlu diperbarui? Jika iya, maka kamu harus segera memperbarui aplikasi tersebut.

Apabila aplikasi kamu belum diperbarui, maka berpotensi menimbulkan masalah pada fitur Paylater di JD.ID. Agar tidak bolak-balik memperbarui aplikasi setiap ada pembaruan, aktifkan mode “Perbarui Otomatis”. Dengan begitu, masalah Paylater yang tidak bisa digunakan karena belum update pun tak akan terjadi lagi.

Pastikan juga aplikasi pihak ketiga, mitra paylater JD.ID kamu juga sudah terupdate atau diperbaharui secara berkala. 

  • Menghubungi Call Center JD.ID dan Mitra Penyedia Paylater

Jika seluruh cara di atas sudah kamu coba dan fitur Paylater masih tidak bisa digunakan, maka ada satu cara terakhir. Kamu dapat menghubungi Call Center JD.ID dan mitra penyedia Paylater. 

Besar kemungkinan masalahnya bukan berada pada akun kamu, melainkan pada sistem aplikasi JD.ID atau aplikasi mitra.

Kenapa JD.ID Paylater tidak bisa digunakan?

Ada beberapa penyebab JD.ID Paylater tidak bisa digunakan, antara lain:

  1. Kamu belum melakukan aktivasi layanan Paylater di aplikasi mitra maupun JD.ID.
  2. Belum melunasi tagihan kredit “Bayar Nanti” atau “Cicilan”.
  3. Nomor ponsel kamu di akun JD.ID dan aplikasi mitra penyedia Paylater berbeda, sehingga data tidak sinkron.
  4. Terdapat pembaruan pada versi aplikasi JD.ID atau aplikasi mitra, tetapi kamu belum memperbaruinya.

5 cara atasi JD.ID Paylater di atas dapat kamu terapkan jika fitur Paylater mendadak tidak bisa digunakan. Banyaknya alternatif solusi untuk menyelesaikan masalahmu tersebut akan sangat memudahkanmu dalam mencari solusi terbaik. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *