Resep dan Tips Cara Membuat Roti Sourdough

By | February 24, 2022

Resep roti sourdough ini dibuat dengan campuran ragi yang dikembangkan secara alami. Pembuatan roti ini membutuhkan waktu sekitar 5 hari dari awal hingga proses pemanggangannya. Anda mungkin akan ragu untuk membuat roti ini, namun prosesnya sangat mudah.

Roti sourdough baru-baru ini kembali populer di beberapa toko roti. Tahukah Anda bahwa roti artisan ini sudah ada sejak tahun 1500 SM di Mesir. Proses fermentasi memiliki manfaat untuk memecah kandungan pati atau tepung. Hasilnya adalah indeks glikemik sourdough yang lebih rendah dibandingkan jenis roti lainnya. Ini akan mengurangi risiko diabetes, penyakit jantung, dan lainnya.

Bahan Roti Sourdough

  • Tepung serbaguna 400 gram (untuk digunakan per hari)
  • Air 400 gram / 12 cangkir (untuk digunakan per hari)

Cara membuat Roti Sourdough

– Campurkan tepung dan air dalam mangkuk plastik, aduk hingga adonan tercampur rata. Gunakan mangkuk besar untuk mengantisipasi mengembangnya adonan.

– Tutup wadah dengan plastik atau kain lembab. Jangan menutupnya terlalu rapat, agar udara tetap masuk. Kemudian simpan dalam ruangan dengan suhu hangat (21-24°C). Biarkan selama 24 jam.

– Pada hari kedua, pasta mungkin terlihat sama / tidak berubah. Tapi tetap keluarkan setengah adonan dan tambahkan bahan di atas lagi (400 gram tepung dan 400 gram air). Aduk rata, lalu tutup dan simpan selama 24 jam.

– Pada hari ketiga, gelembung akan mulai terbentuk, volumenya akan meningkat, dan baunya akan menjadi sedikit asam. Lakukan lagi, keluarkan separuh adonan, tambahkan tepung dan air, masing-masing 400 gram. Balik, tutup, dan simpan selama 24 jam.

 – Pada hari keempat, gelembung udara meningkat dan bau asam semakin kuat. Lanjutkan ke langkah tiga dan empat.

– Pada hari kelima, starter dapat digunakan. Anda juga bisa menyimpannya dalam waktu lama dengan cara menyimpannya dalam wadah tertutup namun agak longgar di dalam lemari es. Agar starter tetap bekerja, simpan setengah dari campuran starter, dan ulangi langkah ketiga seminggu sekali dengan takaran 800 gram tepung dan 400 gram air.

 

Tips: Saat menyimpan pasta awal, jaga agar suhu lingkungan tetap stabil. Jangan lupa untuk “memberi makan” adonan.

source: jessicabakery.com