Jenis Kertas untuk Sertifikat Yang Layak Digunakan

By | February 23, 2022

Jenis Kertas untuk Sertifikat Yang Layak Digunakan – Setiap kertas memang memiliki spesifikasinya masing-masing sehingga Anda perlu menyesuaikan dengan kebutuhan percetakan. Begitupun pada tempat cetak buku yang menyediakan banyak layanan  sehingga pelanggan bisa mencetak dokumen apapun termasuk sertifikat.

3 Jenis Kertas untuk Sertifikat

Bagi Anda yang hendak mencetak sebuah sertifikat maka ada beberapa jenis kertas bisa dijadikan sebagai rekomendasinya. Pasalnya tiap tipe ini memiliki karakteristik masing-masing mulai dari daya tahan, gramatur hingga penampilannya.

  1. Kertas Manila

Setiap tempat cetak buku tentu menyediakan kertas manila untuk kebutuhan apapun termasuk mencetak sertifikat. Warnanya pun beragam mulai dari merah, hijau, biru kuning dan lainnya sehingga dapat diesuaikan dengan selera.

Kertas ini memiliki ciri-ciri yang hampir sama seperti BW Carton. Keduanya pun bisa dikatakan sejenis namun kebanyakan tempat percetakan menyediakannya dengan warna putih. Tidak hanya sertifikat, jenis kertas ini sering digunakan untuk kartu, map dan undangan.

  1. Kertas Art Carton

Berikutnya yakni kertas art carton yang umumnya memiliki warna putih, terlihat halus dan sedikit mengkilap. Dengan permukaan tersebut membuat jenis ini cocok untuk digunakan keperluan menulis termasuk juga sertifikat karena tampak professional.

Art carton mempunyai gramatur mulai dari 210 sampai 310. Dengan begitu menunjukkan bahwa kertas in cocok digunakan untuk mencetak sertifikat. Selain itu juga sering diaplikasikan pada kartu nama karena terlihat jelas.

  1. Kertas Art Paper

Hampir sama seperti art carton, Anda bisa memilih kertas art paper untuk mencetak sertifikat. Alasannya adalah memiliki permukaan halus dan licin. Sementara gramaturnya antara 120, 100, hingga 320 gram.

Tidak hanya digunakan untuk mencetak sertifikat, kertas art paper juga sering dipilih pada percetakan brosur, poster, majalah dan flayer. Hasil cetakannya pun lebih cerah dan umumnya diberikan finishing laminasi sehingga lebih tahan lama.

Itulah tadi ketiga jenis kertas yang umumnya digunakan pada percetakan sertifikat. Anda bisa melakukannya pada tempat cetak buku dimanapun karena mereka tentunya akan menyediakan layanan ini. Pastikan untuk menentukan desain terlebih dahulu sebelum mencetaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *