Banyuwangi Festival 2022

By | February 14, 2022

Banyuwangi Festival 2022 – Hallo sobat Discover! siapa nih yang sudah siap dengan semarak Banyuwangi Festival 2022?

Banyuwangi Festival 2022 sudah diluncurkan nih, oleh Bupati Banyuwangi Ibu Ipuk Fiestiandani bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Sandiaga Uno pada akhir Januari lalu di Gelanggang Seni Budaya Blambangan.

Pemkab Banyuwangi meluncurkan 99 Event Festival yang akan digelar sepanjang tahun 2022. Festival – festival ini akan digelar di beberapa titik kecamatan dari bulan Januari hingga Desember.

Berbagai kegiatan festival digelar oleh banyak sektor Pemkab Banyuwangi. Diantaranya pariwisata, pelayanan publik, UMKM, kesehatan, pendidikan, kuliner, sport tourism dan lainnya diangkat di Festival Banyuwangi tahun ini.

Dari 99 festival yang siap digelar kita rangkum kira – kira yang mana nih yang akan menjadi favorit kamu?

Seni Budaya
Dari sektor Seni – Budaya Festival yang paling ditunggu – tunggu adalah ‘SEWU GANDRUNG’ dimana seribu peserta menari gandrung bersama – sama. BEC atau Banyuwangi Ethno Carnival ruang bagi para designer dan para pelaku seni untuk tampil memamerkan karya mereka dari pakaian hingga tata rias di sepanjang jalan raya dan akan ditonton oleh banyak orang. Selain itu juga ada Festival Budaya Nusantara, Festival Pengantin Nusantara, Banyuwangi Art Week, Festival Angklung Caruk, Festival Gandrung Terob, Festival Wayang Dan Wangsalan Milenial, serta lainnya. Bagi yang menyukai lukisan juga diselenggarakan Festival Art Osing atau Artos.

Kuliner
Festival bertema kuliner juga akan menghiasi Banyuwangi Festival 2022 tahun, yang selalu dinanti masyarakat adalah Banyuwangi Kuliner dengan tema berbeda – beda setiap tahunnya, dimana moment ini merupakan ajang berkreasi menu yang diikuti oleh puluhan restaurant dan hotel di Banyuwangi. Selain itu ada juga Festival street food festival, festival oling river food, festival kucur yang bisa kamu ikuti.

Sport Tourism
Banyuwangi Festival tahun ini akan banyak menghadirkan Berbagai ajang sport tourism  di antaranya Banyuwangi Interantional Surfing ‘QuickSilver Pro’ di G-Land, International BMX ICF Series, Ijen Erek-Erek Enduro, Festival Paralayang, Banyuwangi Open Junior Tennis, Blue Fire Ijen Challenge, dan Banyuwangi Postbox Underwater.
Cocok nih buat yang suka olahraga lari, olahraga air,  sepeda downhill ataupun naik gunung bisa gabung ke acara ini catat tanggalnya di kalender Banyuwangi festival 2022 ya!

Digital fest
Event ini merupakan moment bagi anak muda yang menyukai dunia Digitalisasi, inovasi baik dibidang bisnis maupun pertanian. Kegiatan ini merupakan strategi yang mampu menggerakkan ekonomi di kalangan anak muda , dengan melakukan pembinaan dan memberi ruang berkreasi bagi anak muda untuk mengembangkan potensi mereka di dunia Digital. Festival yang akan diselenggarakan yakni :  festival karya inovasi Gen-Z, Jagoan Tani, Jagoan Digital, dan Jagoan Bisnis.

Dan masih banyak festival – festival menarik yang bisa kamu ikuti seperti Festival Ngopi Kebangsaan, Festival Banyuwangi Ayo Mengajar dimana kamu bisa berkontribusi untuk menjadi motivator di sekolah – sekolah, Rentetan Festival Banyuwangi Youth Creative Network, Festival Band Pelajar dan banyak lagi.

Jangan lupa untuk pantengin terus akun – akun social media Pemkab Banyuwangi untuk mendapat informasi terbaru terkait Festival Banyuwangi 2022.
Credited by Ratih Puspa Sari