8 Rekomendasi Mesin Absensi Terbaik 2021

By | January 27, 2022

Dahulu, kehadiran pekerja dicatat dengan daftar absensi yg umumnya diisi menggunakan pertanda-tangan. Akan tetapi, kini, seiring perkembangan teknologi mulai bermunculan perangkat absensi yg memudahkan proses pencatatan kehadiran. Berbagai produk mesin absensi bermunculan menggunakan fitur & keunggulan masing-masing.

Ada poly jenis & variasi alat absensi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda ingin mencari produk buat perkantoran Anda, contohnya, di artikel ini kami akan membahas 8 rekomendasi mesin absensi terbaik yang dapat Anda pilih. Selain rekomendasi, kami pula menyertakan macam-macam & cara memilih perangkat ini menggunakan benar.Macam-macam mesin absensi

Ketika mengungkapkan mesin absensi, apa yang terdapat pada pikiran Anda? Apakah absen memakai sidik jari, wajah, atau lainnya? Faktanya, terdapat beberapa jenis mesin absensi yg tersedia di pasaran.

Mulai berdasarkan mesin digital, magnetic card, basis website, sampai biometrik & sidik jari. Penasaran? Mari kita kenal satu per satu.1. Mesin absensi digital

Mesin absensi contoh ini sudah digunakandari tahun 1970. Mesin ini memiliki beberapa tombol dan nomoryg dimaksudkan buat memasukkan ID dan password karyawan ketika mereka hendak berangkat ataupun pergi kerja.

Metode ini tidak membutuhkan kartu menjadi media, namun memakan waktu yang cukup usang per pegawai. Ada pula perkara-perkara kecurangan jika pegawai menitipkan ID dan passwordnya ke temannya buat “titip absen” dengan mesin bertipe ini.2. Mesin absen magnetic card

Pada tahun 1980, timbul inovasi mesin absensi baru bernama magnetic card. Hal ini layaknya formasi mesin absen manual & digital.

Setiap karyawan akan dibelaki kartu yg sudah dipersonalisasi sinkron bukti diri karyawan tadi. Kemudian, ketika karyawan akan absen, mereka cukup menggesekkan kartu mereka ke mesin ini.

Mesin ini lebih sophisticated & terkini dibandingkan mesin absensi digital ataupun manual. Hanya saja, permanen ada peluang terjadi kecurangan karena kartu ID seorang karyawan bisa dipinjamkan ke karyawan lain buat digesek ke mesin tipe ini.

Selain itu, kapasitas mesin ini cenderung terbatas, contohnya hanya 250 butir lantaran keterbatasan kartu. Walaupun begitu, permanen saja mesin ini acapkali dipakai pada perkantoran karena penggunaannya yang simpel.3. Mesin absensi berbasis web

apabila tadi kita berbicara mesin absensi berbentuk fisik, maka waktu ini sudah mulai bermunculan mesin absen berbasis web ataupun online. Mesin ini sebenarnya bukanlah “mesin” karena memang nir terdapat mesin khusus.

Ia hanyalah software yg dipasang pada personal komputermasing-masing karyawan buat dibuka saat karyawan mulai bekerja ataupun ketika akan pulang.

Lantaran berbasis perangkat lunak, maka cara absen seperti ini sangat gampang dikoneksikan satu sama lain memakai internet pribadi ke personal komputersentra yang keudian dapat merekap data yang direkam. Akan tetapi, bila koneksi internet sedang lambat ataupun nir berfungsi, maka cara absen misalnya ini simpel tidak bisa dipakai.

apabila Anda tetapkan buat memasang indera absen misalnya ini, pastikan koneksi internet di tempat kerja Anda lancar. Jika terdapat putus internet, pastikan aplikasi absensi yg Anda beli memiliki fitur backup ad interim supaya data tidak hilang.4. Mesin absensi biometrik

Belakangan ini muncul variasi produk yang lebih sophisticated lagi. Mesin absensi biometrik merupakan perangkat absensi yg bekerja dengan cara memindai wajah penggunanya. Mesin bertipe ini sudah bisa Anda temukan pada poly kantor.

Keunggulan utama mesin jenis ini merupakan cara penggunaannya yang sangat gampang, yakni hanya dengan mendekatkan paras ke mesin, maka bukti diri karyawan, ketika, & lepas akan terekam secara otomatis.

Akan namun, keunggulan ini juga disertai kelemahan yakni harganya yang lebih mahal dan kinerja yang kurang aporisma di tempat yg kurang cahaya. Kadang-kadang mesin ini jua sulit mengidentifikasi paras yg berubah karena pertumbuhan rambut, menggunakan kacamata, dan sebagainya.5. Mesin absen sidik jari

Mesin absen yg paling poly dimiliki perkantoran saat ini adalah mesin bertipe sidik jari. Tipe ini sudah adadari tahun 1997. Mesin ini menggunakan pola kulit/sidik jari (umumnya jempol ataupun jari telunjuk) buat mengidentifikasi penggunanya. Konon katanya, setiap orang mempunyai sidik jari yang bhineka, tak terkecuali kembar identik.

Kelebihan mesin bertipe ini merupakan pencatatan kehadiran karyawan yg lebih seksama, pemakaian yang lebih simpel & cepat, serta data penyimpanan yang besarhingga puluhan ribu pengguna. Akan namun, mesin ini jua memiliki beberapa kekurangan, yakni dalam proses deteksi & penggunaan sidik jari karyawan tadi.

Mesin bertipe sidik jari cenderung acapkali mengalami error atau kinerja yg lambat jika sidik jari yang ditempelkan basah ataupun kotor. Apalagi bila mesinnya nir mendukung pembacaan sidik jari menurut berbagai sudut, wah, pasti sulit & usang prosesnya.Panduan membeli mesin absensi terbaik

Sebelum Anda pergi ke toko elektronik buat membeli mesin absensi, terdapat baiknya Anda memperhatikan poin-poin pada bawah ini agar Anda memahami pasti produk mana yang Anda butuhkan.Pilih dari tipe mesin absensi

Pada umumnya, ada empat tipe mesin absensi. Keempat tipe ini adalah tipe kartu, tipe USB (Universal Serial Bus) / Sekolah Dasar (Secure Digital) compatible, tipe kartu IC / RFID (Radio Frequency Identification), dan autentikasi biometrik. Coba kita lihat masing-masing tipe mesin absensi yg ada pada pasaran.

Mesin absensi bertipe kartu adalah tipe mesin yg paling lamadan paling poly digunakan. Cukup dengan satu kartu pengguna yang dimasukkan ke dalam mesin, lepas & saat kehadiran akan terekam secara otomatis. Mesin berjenis ini paling tak jarang digunakan di perusahaan dan perkantoran karena cukup gampang dipakai. Tidak ada sistem khusus yg dibutuhkan.

Akan namun, kekurangan mesin tipe ini adalah mesin ini nir bisa dihubungkan ke personal komputersebagai akibatnya data wajibdipindahkan secara manual. Mesin ini lebih nir efisien dibandingkan tipe mesin absensi yg akan kita bahas selanjutnya.

Mesin kartu yang kompatibel menggunakan USB / SD sudah relatif acapkali bermunculan akhir-akhir ini. Tipe ini merupakan tipe yang lebih maju dibandingkan mesin absensi bertipe kartu biasa.

Dengan kompatibilitas ke USB / SD, Anda dapat mendata kehadiran pegawai Anda menggunakan jauh lebih mudah lantaran data yang terekam dapat langsung ditransfer ke personal komputer . Perhitungan gaji dan pendataan performa karyawan bisa jauh lebih gampang dilakukan.

Harga mesin absensi bertipe ini jua permanen nisbi murah dibandingkan mesin absensi bertipe lebih maju misalnya identifikasi biometrik. Akan namun, Anda permanen harus membeli kartu identifikasi terus-menerus bila telah habis digunakan. Selain itu, mesin absensi bertipe ini cukup sporadis terdapat pada pasaran.

Tipe IC merupakan mesin absensi yang menyimpan data kehadiran menggunakan menempelkan kartu dalam mesin. Mesin ini bisa terkoneksi dengan jaringan. Sehingga, Anda nir perlu lagi merogoh data secara manual & memindahkannya ke komputer. Pastinya proses perekapan absensi menjadi lebih mudah dan efisien.

Seperti tipe-tipe sebelumnya, pengguna diberi kartu identitas yg sanggup dibawa. Kartu dibawa oleh masing-masing orang sebagai akibatnya terhindar dari kesalahan input data yang diakibatkan karena salahmemakai kartu milik orang lain.

Tipe terakhir ini merupakan tipe yang paling mutakhir. Tipe biometrik bisa merekam kehadiran orang relatif dengan menggunakan sidik jaru ataupun scanning wajah. Dengan mesin absensi bertipe ini, nir terdapat lagi kemungkinan kartu hilang karena mesin bertipe ini telah tidak lagi menggunakan kartu.

Akan namun, terkadang mesin absensi biometrik seperti ini menyulitkan pada penggunaan dan proses pemindaiannya mampu cukup usang. Apalagi apabila tidak didukung sang lingkungan, misalnya cuaca yang gelap sebagai akibatnya scanning muka menjadi lebih lama& tidak akurat. Selain itu, mesin bertipe ini harganya lebih mahal dibandingkan tipe-tipe lainnya.Mesin absensi dengan pengaturan lepas

Biasanya, mesin absensi melaporkan catatan kehadiran sejak awal sampai akhir bulan. Selama tanggal penutupan buat proses rekap sama menggunakan tanggal terakhir setiap bulan, maka hal ini nir menjadi masalah.

Beda cerita jika ada kantor yg tetapkan rekap honorsetiap tengah bulan ataupun lepas tertentu setiap bulannya. Tentu nir efisien jika selesainya mesin melakukan rekap Anda harus memisahkan data tadi menjadi data sebelum dan selesainya lepas cut-off buat rekap data.

Tidak seluruh mesin absensi memperlihatkan fitur pengaturan lepas pelaporan data. Jika tempat kerja Anda melakukan proses rekap selain di akhir bulan, maka pilihlah mesin yg mampu diatur tanggalnya sesuka hati supaya proses rekap data tetap berjalan secara mudah & efisien.Mudah dipakai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *