Menanggulangi Kuku Cantengan pada Bayi

By | May 13, 2022

Cantengan pula dapat dirasakan oleh balita, bukan cuma orang berusia. Cantengan pada balita hendak buatnya rewel serta menangis sebab kesakitan. Buat kurangi perih serta rasa tidak aman akibat cantengan pada balita, terdapat sebagian metode yang bisa Bunda jalani di rumah.

Cantengan merupakan keadaan di mana kuku memencet ataupun menancap ke dalam kulit, serta umumnya terjalin di jempol kaki. Salah satu pemicu cantengan pada balita merupakan pemakaian kaus kaki ataupun sepatu yang sangat ketat. Tidak hanya itu, kuku cantengan pada balita pula dapat dipicu oleh kesalahan dikala menggunting kuku balita, misalnya menggunting kuku sangat dalam ataupun sangat dekat dengan kulit.

 

Dikala hadapi cantengan, jari kaki balita bisa bercorak merah, bengkak, serta menghasilkan cairan kuning. Balita yang hadapi kuku cantengan umumnya hendak menangis serta rewel, dan enggan mengenakan sepatu. Perihal ini sebab cantengan bisa memunculkan perih.

Buat menanggulangi kuku cantengan pada balita, terdapat sebagian perihal yang dapat Bunda jalani, ialah:

1. Rendam kuku balita dengan sabun

Perihal awal yang dapat Bunda jalani buat menanggulangi kuku cantengan pada balita merupakan merendam kuku balita dalam air sabun yang hangat sepanjang 10 menit. Sehabis itu, keringkan kuku. Bunda dianjurkan buat melaksanakan perihal ini sebanyak 2- 3 kali satu hari.

2. Pakai kaus kaki ataupun sepatu yang tidak sangat ketat

Dikala kuku balita hadapi cantengan, jauhi memakai kaus kaki ataupun sepatu yang sangat ketat. Apabila membolehkan, perkenankan balita bertelanjang kaki kala terletak di rumah.

Baca juga : 5 Gaya tidur bayi

Tips memilih deterjen khusus bayi

3. Bagikan balita obt pereda nyeri

Apabila kuku cantengan telah sangat mengusik kenyamanan Sang Kecil, Bunda dapat membagikan obt pereda rasa sakit, semacam paracetamol. Tetapi saat sebelum membagikan obt apa juga kepada Sang Kecil, senantiasa konsultasikan dulu dengan dokter ya, Bunda.

Bila terdapat ciri peradangan pada cantengan, misalnya daging di dekat kuku nampak merah serta bernanah, dokter bisa jadi hendak membagikan krim antibiotik. Bunda dapat mengoleskan krim antibiotik pada zona kuku yang hadapi cantengan, cocok anjuran dokter.

Buat menghindari cantengan terjalin kembali, potong kuku balita dengan pola yang lurus, bukan dalam wujud melengkung, serta jauhi memotongnya sangat pendek. Tidak hanya itu, jangan memakaikan balita sepatu serta kaus kaki yang sangat kecil ataupun telah kekecilan.