Menghilangkan Ketombe Pada Kulit Bayi

By | May 13, 2022

Terdapat serpihan putih di kulit kepala Sang Kecil yang nampak semacam ketombe? Tidak butuh takut, Bunda. Perihal ini normal terjalin, kok. Buat mengatasinya, ayo, perhatikan sebagian langkah berikut!

Serpihan ataupun kerak putih di kulit kepala yang nampak semacam ketombe ataupun cradle cap ialah perihal yang biasa terjalin pada balita, serta tidaklah tanda- tanda kalau kebersihan balita kurang terpelihara. Biasanya cradle cap pada kulit kepala balita timbul pada sebagian bulan awal serta hendak menghilang dalam waktu 6- 12 bulan.

Pemicu Ketombe pada Kulit Kepala Bayi

Walaupun pemicu cradle cap tidak dapat ditentukan, tetapi sebagian pakar yakin kalau perihal ini dipengaruhi oleh hormon dari bunda berbadan dua pada kehamilan trimester terakhir yang disalurkan ke balita. Hormon tersebut setelah itu memproduksi minyak secara kelewatan pada kulit kepalanya.

Baca juga : Mengatasi bayi susah tidur

Mudik bawa bayi tidak rewel

Mungkin yang lain yang membuat balita hadapi cradle cap merupakan jamur Malassezia serta kuman yang berkembang pada minyak tersebut. Biasanya cradle cap tidak meluas. Cuma saja kala kondisinya telah parah, kulit kepala balita hendak terasa gatal.

Ciri ataupun indikasi pada balita yang hadapi cradle cap merupakan timbulnya kerak tebal di kulit kepala, ada sisik putih ataupun kuning pada kulit kepalanya yang berminyak ataupun kering, serta dapat diiringi kemerahan pada kulit kepala.

3 Langkah Menanggulangi Ketombe pada Bayi

Sesungguhnya cradle cap tidak memerlukan penyembuhan spesial, sebab tidak beresiko serta bisa lenyap dengan sendirinya. Lumayan jalani 3 langkah perawatan berikut ini:

Saat sebelum keramas, pijat lembut kulit kepala balita dengan baby oil, minyak zaitun, ataupun petroleum jelly buat menolong kerak ataupun sisik mengelupas. Diamkan sepanjang 15 menit.

Sehabis itu, basahi kulit kepala balita kemudian gosok- gosok secara lembut dengan gosok wajah ataupun gosok gigi yang lembut sepanjang sebagian menit, buat merontokkan keraknya.

Mencuci rambut serta kulit kepala balita dengan sampo spesial balita, bilas sampai bersih, kemudian keringkan dengan handuk. Yakinkan tidak terdapat sisa minyak pada kulit kepalanya, sebab bisa menutup pori- pori.

Supaya minyak lebih gampang terangkat, diamkan sampo sepanjang sebagian menit pada kulit kepala saat sebelum dibasuh.

Bila sehabis melaksanakan perawatan di atas, cradle cap masih pula terdapat ataupun malah meningkat parah, meluas, ataupun menimbulkan cedera di kulit kepala, hendaknya Bunda lekas periksakan Sang Kecil ke dokter.

Dokter bisa jadi hendak menganjurkan pemakaian sampo ketombe orang berusia buat mensterilkan kulit kepala serta rambut Sang Kecil, apabila keramas tertib dengan sampo balita tidak sanggup mengatasinya. Tetapi hati- hati, yakinkan sampo tidak menimpa matanya.