Tips Fotografi Makanan untuk Blogger Makanan

By | May 11, 2022

Memotret makanan ternyata lebih sulit daripada yang kita bayangkan. Memperbanyak latihan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas foto makanan. Berikut adalah tips dan trik terbaik yang di share cakbass.com tentang fotografi makanan dan perlengkapannya. 

Tips untuk mengambil foto makanan 

Hal terpenting dalam fotografi adalah cahaya! Tips terbaik untuk pemula adalah kemampuan membaca cahaya baik secara intensitas maupun arah datangnya cahaya sehingga cahaya itu mengenai makanan yang kaan di potret. Berikut adalah beberapa tips kunci foto makanan.

  • Ambil foto di bawah cahaya alami (natural light). Jangan sekali-kali menggunakan lampu atau flash dengan posisi “on shoe” atau posisi di atas kepala.
  • Bergeraklah untuk menemukan sudut sumber cahaya terbaik. Jangan membatasi kreatifitas kita dengan hanya mengambil foto makanan di dapur saja. Ada kemungkinan justru cahaya terbaik di kamar tidur saat pagi hari, atau bisa jadi di ruang tamu saat sore hari.
  • Cobalah mengambil foto dari berbagai sudut. Beberapa jenis makanan akan terlihat lebih keren jika di ambil dari sudut yang tinggi atau biasa disebut flatlay misalnya pizza, atau dari sudut eye level untuk makanan seperti burger atau pada sudut 45 derajat (minuman). Cobalah bergerak mencari sudut dari banyak sisi sehingga dapat memilih foto favorit nantinya.
  • Minimalkan kesan berantakan. Coba fokus saja pada apa yang paling penting, yaitu makanan itu sendiri. Hindari dulu penambahan aksesori seperti sendok, kain serbet dll karena hal tersebut malah akan mengacaukan foto kita. Ambil foto lebih dekat ke makanan tapi jangan terlalu dekat. Jika terlalu dekat di khawatirkan audiens tidak tahu jenis makanan apa yang ada di gambar, mereka justru ingin tahu jenis makanan apa yang kita foto.

Kamera

Gunakan kamera yang ada, bisa kamera pocket, kamera DSLR, atau kamera mirrorless, bahkan bisa juga kamera hp. Lalu, apa rekomendasinya? Gunakan kamera yang ada sekarang!

Lensa

Untuk foto makanan, gunakan lensa dengan distorsi rendah. Dengan kata lain bisa menggunakan lensa yang sehari-hari digunakan untuk foto portrait. Misalnya lensa fix dengan focal lenght 50mm atau 85mm. Bukaan aperture yang lebar akan memberikan banyak opsi untuk memanipulasi cahaya dan background.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara foto makanan, bisa membaca artikel lebih lengkapnya di cakbass.com