Jarang Kepikiran, Ini 3 Dasar Mengembangkan Ide Usaha Jasa

By | May 8, 2022

Ingin memulai bisnis namun masih stuck dengan ide. Tenang, dengan memanfaatkan kemampuan yang dimiliki, Anda bisa mengembangkan ide usaha jasa. Kira-kira apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memulai?

Perubahan teknologi yang sangat pesat mempengaruhi pola bisnis dan perilaku pelanggan. Hal tersebut berarti banyak peluang baru di berbagai bidang untuk memenuhi demand. Oleh sebab itu kini saatnya menemukan ide usaha jasa yang bisa menjadi peluang besar hingga masa mendatang.

Ide usaha jasa memiliki potensi besar. Selain tidak perlu penjualan produk, pemasarannya pun tidak membutuhkan gudang untuk tempat penyimpanan barang.

Hanya saja jika memutuskan mengembangkan ide usaha jasa, poin penting yang harus diperhatikan adalah skill dan ketepatan waktu guna membangun kepercayaan pelanggan. Di sisi lain juga membutuhkan strategi tepat yang meliputi framework STP, yakni segmenting, targeting dan positioning agar bisnis tepat sasaran.

Berikut 3 dasar untuk sebagai pertimbangan mengembangkan ide usaha jasa. Mari simak bersama!

Menjual kemudahan

Seiring kemajuan zaman ternyata memunculkan banyak peluang untuk menjual kemudahan dan kenyamanan. Dalam konteks ini adalah ‘memanjakan’ para pelanggan yang ‘malas’.

Jadi begini analogi sederhananya, semua sudah sepaham dulu bahwa setiap ada permintaan, pasti ada penawaran. 

Nah, saat ini lakukan penawaran kepada orang yang kebetulan sedang membutuhkan, tidak punya waktu atau ingin pekerjaanya cepat selesai saja dan tidak mau ribet.

Misalkan ada yang malas jalan ke toko offline, maka saat ini muncul toko online ataupun jastip alias jasa titip. Kemudian ada pula peluang jasa SEO, editing, pengetikan, pembuatan feeds Instagram, copywriting, hapus background photo, dan sebagainya. 

Tidak perlu bersusah payah belajar editing video atau fotografi untuk membuat konten jualan. Tinggal cari yang bisa bayar, beres!

Nah, sekarang rajinlah mengamati sekitar. Pasti ada peluang untuk memberikan kemudahan orang lain yang membutuhkan tapi tidak mau repot.

Menjadi solusi

Memberikan solusi dari permasalahan adalah salah satu poin penting dari ide usaha jasa. Apalagi di zaman serba online ini banyak keahlian yang belum dipelajari atau ketahui, namun suka tidak suka kita harus tetap beradaptasi dengan era dinamis.

Tentunya solusi bagi permasalahan bisnis memunculkan ide usaha baru, misalnya saja jasa penulisan artikel, dan copywriting yang dibutuhkan untuk keperluan media sosial, blog atau website, serta e-commerce. Atau orang tua yang ingin membantu putra putrinya lebih memahami pelajaran di sekolah ada jasa les privat sebagai jalan keluar mudah.

Karena pada hakikatnya ada peluang dalam setiap masalah, sehingga tidak ada salahnya jika bisnis Anda berupaya mencarikan solusi dan menjawab dari masalah yang ada.

Bidang dengan keahlian khusus

Skill memang yang utama apabila berencana membuka usaha dibidang jasa karena tidak semua orang memiliki dan terkadang membutuhkan pendidikan tertentu untuk menguasainya.

Keterampilan yang dibarengi oleh keakuratan dan ketepatan sangat mempengaruhi jasa yang diberikan. Misalnya saja jasa arsitek rumah tinggal, gedung perkantoran atau fasilitas umum, tentu membutuhkan keahlian khusus, tidak sembarangan orang bisa memilikinya

Ditambah lagi jam terbang dairi pelaku jasa tersebut akan membedakan harga dari bisnis yang dijualnya.

Contohnya lagi untuk membuka jasa dokter, seseorang harus menyelesaikan pendidikan kedokteran, ujian dan praktek. Semakin tinggi spesialisasi jasa yang diberikannya otomatis membutuhkan kemampuan yang berbanding lurus pula.

Nah,  jika Anda memiliki keahlian khusus atau praktisi expert di bidangnya tidak ada salahnya mengembangkan ide usaha jasa. Jika terus ditekuni, maka akan ada peluang untuk bergerak maju dan terus mengikuti perkembangan zaman yang dinamis.