Kumpulan Doa untuk Menenangkan Hati dari Berbagai Hadist

By | April 21, 2022

BACAAN Doa Penenang Hati Agar Hati Tenang, Lengkap Bahasa Arab Latin dan  Terjemahan - TribunPontianak Wiki

Sebagai manusia kita ini akan menhadapi berbagai cobaan serta penderitaan, untuk mengatasi hal ini Anda bisa membaca doa agar hati tenang, cara ini sangat ampuh untuk umat muslim.

Dalam agama islam ada perhatian yang cukup seriuruntuk membantu menghilangkan kegelapan, kesedihan, depresi, kesusahan, hingga kekhawatira dalam menjalani hidup. Doa- doa ini bisa Anda amalkan kapan saja.

Banyak sekali permohonan dan doa dari hasist yang bisa membuat kita menghilangkan rasa camas. Saat kita merasa cemas dan tidak tenang sebaiknya kita ini harus semakin yakin kepada Allah SWT dan percaya juga akan adanya Qada’ wa Qadar. Nabi Muhammad pernah bersabda

“ Alangkah indahnya urusan seorang mukmin, karena semua urusannya adalah baik, dan ini tidak berlaku bagi siapa pun kecuali orang mukmin. Jika terjadi sesuatu yang baik padanya, dia bersyukur, dan itu baik baginya, dan sesuatu yang buruk menimpanya, dia menanggungnya dengan kesabaran, dan itu baik baginya.” (HR Muslim, 2999)

Pada kesempatan kali ini mari kita bahas beberapa doa yang bisa And abaca supaya hati Anda menjadi lebih tenang:

Doa Agar Hati Tenang Menurut Hadits

  • Doa yang pernah di baca oleh Nabi Muhammad SAW adalah:

“Ya Allah, aku mengharap rahmat-Mu. Jangan tinggalkan aku untuk diriku sendiri bahkan untuk sekejap mata (yaitu sesaat). Perbaiki semua urusanku untukku. Tidak ada yang berhak disembah selain Engkau” (Abu Daud)

  • Di dalam al-Saheehayn, Ibn ‘Abbas mengatakan baghwa Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan saat dirinya merasa tertekan:

“La ilaaha ill-Allah al-‘Adhim ul-Halim, Laa ilaaha ill-Allah Rabb il-‘arsh il-‘adhim, Laa ilaaha ill-Allah Rabb is-samawaati wa Rabb il-ard wa Rabb il-‘arsh il –karim”

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah, Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang; tidak ada Tuhan selain Allah, Tuhan Arsy yang Perkasa; tidak ada Tuhan selain Allah, Tuhan langit, Tuhan bumi dan Tuhan Arsy yang mulia.” (Al-Bukhari 8/154, Muslim 4/2092)

  • Seperti yang telah diriwayatkan oleh Anas bahwa Nabi Muhammad SAW biasa mengatakan ini saat ada sesuatu yang membuatnya kesal:

“Ya Hayyu ya Qayyum, bi Rahmatika astagheeth (Wahai Yang Maha Hidup, wahai Yang Abadi, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan).”

  • Seperti yang pernah diriwayatkan oleh Asmaa’ binti ‘Umays berkata Nabi Muhammad SAW pernah berkata kepadanya: “Maukah aku mengajarimu beberapa kata untuk diucapkan ketika kamu merasa tertekan?
    “Allah, Allah, Rabbi laa ushriku bihi shay’an”
    Artinya: “Allah, Allah, Tuhanku, aku tidak menyekutukan apapun dengan-Nya” (Abu Dawud 2/87. Al-Albani, Sahih Ibn Majah 2/335.)
  • Seperti yang di riwayatkan oleh ‘Abd-Allah ibn Mas’ud, Nabi Muhammad SAW pernah berkata:

“Allaahumma innii ‘abduka wa ibn ‘abdika wa ibn amatika, naasiyati bi yadika, maadin fiyya hukmuka, ‘adlun fiyya qadaa’uka, as’aluka bi kulli ismin huwa laka sammayta bihi nafsaka aw anzaltahu’ minaawlamika ista’tharta bihi fi ‘ilm il-ghaybi ‘andak an taj’ala al-Qur’aana rabee’ qalbi wa noor sadri wa jalaa’a huzni wa dhahaaba hammi”

Artinya: “Ya Allah, aku adalah hamba-Mu, putra hamba-Mu, putra hamba perempuan-Mu, ubun-ubunku di tangan-Mu, perintah-Mu atasku selama-lamanya dilaksanakan dan ketetapan-Mu atasku adil. Aku memohon kepada-Mu dengan setiap Nama milik-Mu yang Engkau beri nama, atau yang diturunkan dalam Kitab-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada makhluk-Mu yang mana pun, atau yang telah Engkau pelihara bersama-sama dengan ilmu yang gaib, agar Engkau menjadikan Al-Qur’an sebagai kehidupan. dari hatiku dan cahaya dadaku, dan kepergian kesedihanku dan pelepasan kecemasanku” tetapi Allah akan menghilangkan kesedihan dan kesedihannya, dan memberinya kegembiraan sebagai gantinya.” (Ahmad 1/391)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *