Konsultan Pajak penjaringan Jakarta Pajak Penghasilan Badan (pph Badan): Jenis, Tarif, Hitung, Bayar Dan Lapor Pajak

By | April 4, 2022

Pengusaha tidak bisa dipisahkan menurut kewajibannya buat membayar pajak, terutama pajak Badan atau pajak perusahaan. Klikpajak by Konsultan Pajak Jakarta Utara Mekari akan mengulas secara mendalam mengenai Pajak Penghasilan Badan (PPh Badan) mulai menurut jenis PPh Badan, tarif PPh Badan, bagaimana cara menghitung PPh Badan & contoh perhitungan PPh Badan buat Sobat Klikpajak.

Jenis pajak ini dikenakan atas penghasilan suatu Badan atau perusahaan yang umumnya sangat bhineka, tergantung bidang & kebijakan usahanya.

Karena penerapannya yg sangat luas & tergantung dari sumber bisnis yg digeluti, Sobat Klikpajak harus memahami bagaimana pengertian & ketentuan Pajak Penghasilan Badan atau PPh Badan ini.

Setidaknya hal-hal yg berkaitan dengan PPh Badan misalnya berapa tarif PPh Badan, bagaimana cara menghitung PPh Badan, dan model perhitungannya yg akan lebih mudah dipahami melalui contoh perhitungan PPh Badan.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai jenis Pajak Penghasilan Badan atau PPh Badan yg terdiri menurut pemahaman umum mengenai PPh Badan, tarif PPh Badan, cara menghitung PPh Badan hingga contoh perhitungan PPh Badan dari Klikpajak by Mekari buat Sobat Klikpajak.Pajak Penghasilan Badan & Tarif PPh Badan

Pajak Penghasilan Badan atau PPh Badan adalah pajak yang dikenakan atas penghasilan suatu perusahaan.

Sebagaimana ketentuan dalam Undang-Undang Pajak Penghasilan (UU PPh), penghasilan suatu badan atau perusahaan yg dimaksud merupakan:

“Setiap penambahan kemampuan hemat yang diterima atau diperoleh oleh Wajib Pajak Badan, baik dari pada maupun luar negeri, menggunakan keperluan apapun termasuk contohnya menambah kekayaan, konsumsi, investasi, dan lain sebagainya.”

Kelola e-Bupot lebih gampang dan cepat menggunakan cara menarik data pribadi berdasarkan laporan keuangan online hanya di e-Bupot Klikpajak by Mekari. Coba kini!1. Subjek PPh Badan & Objek PPh Badan

Siapa saja yang sebagai subjek Pajak Penghasilan Badan & apa saja yg termasuk dalam objek PPh Badan juga telah diatur dalam ketentuan perundang-undangan pajak penghasilan.

Berikut merupakan subjek pajak penghasilan badan (subjek PPh Badan) & objek pajak penghasilan badan:

a. Subjek Pajak Badan (PPh Badan)

Subjek pajak Badan atau subjek PPh Badan merupakan setiap Badan Usaha yang diberikan kewajiban buat membayar pajak, baik pada periode bulan juga tahun dan disetor ke kas negara.

Berdasarkan Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP), yg termasuk pada pengertian Badan adalah menjadi berikut:Perseroan Terbatas (PT)Perseroan LainnyaBadan Usaha Milik Negara (BUMN)Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)FirmaKongsiKoperasiDana PensiunPersekutuanPerkumpulanYayasanOrganisasi MasyarakatOrganisasi Sosial PolitikOrganisasi lainnya dengan nama dan bentuk apapunLembaga dan bentuk badan lainnyaKontrak Investasi Kolektif (KIK)Bentuk Usaha Tetap

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

Baca Juga : Pajak Trading & Bagaimana Cara Lapor Pajak Saham?

b. Objek PPh Badan (Objek Pajak Badan)

Objek PPh Badan adalah penghasilan yang diterima atau diperoleh badan.

Bagi Subjek Badan dalam negeri yang sebagai objek PPh adalah semua penghasilan baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Penghasilan yang menjadi objek Pajak Penghasilan Badan sebagaimana tercantum dalam Pasal 4 Ayat (1) Undang-Undang PPh ini meliputi:Hadiah dari kegiatan & penghargaanLaba usahaKeuntungan karena penjualan atau lantaran pengalihan harta (selain tanah & bangunan)Penerimaan kembali pembayaran pajak yg telah dibebankan menjadi biaya Bunga, termasuk premium, diskonto, & imbalan lantaran agunan pengembalian utangDividenRoyalti atau imbalan atas penggunaan hakSewa dan penghasilan lain sehubungan dengan penggunaan hartaKeuntungan karena pembebasan utang, kecuali sampai menggunakan jumlah tertentu yg ditetapkanPeraturan PemerintahKeuntungan karena selisih kurs mata uang asingSelisih lebih lantaran evaluasi kembali aktiva permanenIuran yg diterima perkumpulan berdasarkan anggotanya yang terdiri berdasarkan Wajib Pajak yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebasPenghasilan menurut usaha berbasis syariahSurplus Bank Indonesia

Ilustrasi pajak penghasilan badan & tarif Pajak Penghasilan Badan yang dikenakan2. Jenis Pajak Badan, Selain Pajak Penghasilan Badan

Secara umum, ada 2 jenis pajak yang wajibdibayar & dilaporkan sang Wajib Pajak Badan, yakni Pajak Penghasilan Badan & Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Kedua pajak Badan tersebut terbagi lagi menjadi beberapa jenis.

Apa sajakah jensi Pajak Penghasilan Badan & PPN yang menjadi kewajiban WP Badan?

Berikut penjelasannya dari jenis-jenis PPh Badan yang sebagai kewajiban Wajib Pajak Badan (WP) Badan atas pajak penghasilan badan atau perusahaan:1. Jenis Pajak Penghasilan (PPh) yang dikenakan dalam Badan atau PPh Badan

Ada beberapa jenis pajak penghasilan badan atau PPh Badan yang wajibdibayar & dilaporkan oleh perusahaan atau WP Badan, pada antaranya:

PPh Pasal 21 mengatur tentang pemotongan berdasarkan output pekerjaan jasa atau aktivitas dengan nama & dalam bentuk apapun yg diterima atau diperoleh Wajib Pajak atau karyawan Sobat Klikajak, dan harus dibayarkan setiap bulannya.

Perusahaan melakukan pemotongan langsung atas penghasilan para karyawan buat selanjutnya disetorkan ke kas negara melalui bank persepsi.

Saat ini, pengelolaan untuk pajak karyawan termasuk hitung & setor maupun lapor dapat dilakukan melalui fitur e-Filing Klikpajak.

Baca pula tentang Bagaimana Cara Membuat Bukti Potong PPh 21 Karyawan?

PPh 22 mengatur atas pemungutan pajak dari Wajib Pajak yg dibebankan dalam badan usaha tertentu lantaran melakukan kegiatan perdagangan terkait dengan ekspor, impor, maupun re-impor.

Untuk lebih khusus anggaran PPh Impor, hal ini diatur pada pasal 22 ayat 1.

PPh Pasal 23 mengatur atas pemotongan pajak yg dilakukan oleh pemungut pajak menurut Wajib Pajak ketika terjadi transaksi yang merujuk pada:Transaksi dividen atau pembagian keuntungan sahamRoyalti, bunga, hadiah dan penghargaansewa, & penghasilan lain yg berkaitan menggunakan penggunaan aset selain tanah dan transfer bangunan atau jasa.

Lebih mudah membuat Bukti Potong & lapor SPT PPh 23/26 di e-Bupot Klikpajak by Mekari. Coba sekarang!

PPh Pasal 25 mengatur atas angsuran pajak yang dari berdasarkan jumlah pajak penghasilan terutang menurut SPT PPh dikurangi PPh yang sudah dipungut serta PPh yg dibayar atau terutang pada Luar Negeri & boleh dikreditkan.

PPh Pasal 26 mengatur pajak yg dikenakan atas penghasilan yang bersumber dari Indonesia & diterima Wajib Pajak luar negeri selain bentuk usaha permanen (BUT) pada Indonesia.

PPh Pasal 29 mengatur atas jumlah pajak terutang suatu perusahaan dalam satu tahun pajak lebih besarmenurut jumlah kredit pajak yg telah dipotong oleh pihak lain, dan telah disetorkan.

Maka nilai lebih pajak terutang tadi harus dibayarkan sebelum SPT PPh Badan dilaporkan.

Buat Kode Billing bisa eksklusif bayar billing dengan impian account bank hanya pada e-Billing Klikpajak by Mekari. Coba Gratis kini!

PPh Pasal 15 mengatur atas laporan pajak yg berhubungan dengan Norma Perhitungan Khusus buat golongan Wajib Pajak tertentu, termasuk Wajib Pajak Badan yang bergerak dalam:Sektor pelayaran atau penerbangan internasionalPerusahaan iuran pertanggungan luar negeriPengeboran minyak, gas dan geothermalPerusahaan dagang asingPerusahaan yg melakukan investasi dalam bentuk bangunan serah guna.

h. Pajak Penghasilan Pasal 4 Ayat (2)

PPh Pasal 4 ayat (dua) berkaitan dengan pajak yang dipungut dari penghasilan yg dipotong berdasarkan:Bunga deposito dan tabungan lainnyaBunga obligasi & surat utang negaraBunga simpanan yg dibayarkan koperasiHadiah undianTransaksi saham dan sekuritas lainnyaSerta transaksi lain sebagaimana diatur dalam peraturan yang ditetapkan.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!dua. Jenis Pajak Pertambahan Nilai (PPN)

Bagaimana menggunakan pajak badan yang berupa jenis PPN?

Berikut jenis pajak badan berdasarkan PPN:

PPN merupakan adalah pajak yang dibebankan buat transaksi atas Barang Kena Pajak (BKP) & Jasa Kena Pajak (JKP).

Nilai PPN umumnya ditambahkan pada harga utama barang atau jasa yang diperjualbelikan tadi.

Baca jua Aturan Baru Membuat e-Faktur dan Cara Mengkreditkan Pajak Masukan pada UU Cipta Kerja

b. Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *