Tips Dan Wangsit Renovasi Rumah Tahun 2021

By | April 17, 2022

Hunian yg nyaman akan membuat Anda & famili semakin betah berada pada rumah. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda membutuhkan bisnis ekstra untuk melakukan renovasi pada rumah Anda. Dengan melakukan renovasi, maka akan membuat tampilan tempat tinggalsebagai lebih baik. Tampilan rumah yg baik akan membuat Anda semakin nyaman berada pada dalamnya. Tampilan rumah yang baik tidak hanya membuat Anda nyaman tetapi bisa menaikkan nilai investasi tempat tinggaldan prestige pemiliknya.

Apa Itu Renovasi?

Renovasi merupakan keliru satu upaya pemilik properti buat memperbaiki fisik rumah yg rusak atau membentuk ulang bangunan yg rusak. Memperluas bangunan menggunakan membentuk bangunan baru dalam residu tanah yg ada pula adalah bentuk renovasi rumah. Renovasi tempat tinggaldapat bersifat minor atau major renovation. Renovasi dikatakan minor bila pemugaran yang dilakukan hanya bersifat mengecat ulang 1 bagian atau sekedar memperbaiki yg bocor. Tetapi, renovasi dapat bersifat major bila Anda menciptakan pulang bangunan yang rusak atau membentuk bangunan baru yang sebelumnya tidak ada.

Melakukan renovasi rumah bukanlah sesuatu yg mampu dilakukan secara “asal-asalan”. Anda harus melakukan perencanaan secara matang sebelum Anda memutuskan buat melakukan renovasi tempat tinggal. Kesulitan pada melakukan renovasi rumah tergantung dalam contoh bangunan, bentuk bangunan serta luas bangunan. Semakin sulit tingkat kesulitan dalam proses renovasi, maka semakin mahal budget yg harus Anda siapkan. Sebagai contoh, budget buat melakukan renovasi dalam rumah berdesain minimalis yang modelnya flat simetris menggunakan berukuran tempat tinggalyang minitentu akan tidak selaras dengan budget  yg wajibdisiapkan buat merenovasi tempat tinggalmewah classic. Berbicara mengenai budget, Anda harus melakukan RAB sebelum melakukan renovasi.

Apa Itu RAB ?

Sebelum melakukan renovasi, Anda wajibmelakukan RAB. Apa itu RAB? RAB adalah Rencana Anggaran Bangunan. RAB berbentuk draft yg berisi rincian material yang dibutuhkan & decomalaysia.com kuantitas material yang diharapkan. Dalam RAB terdapat perhitungan total biayamaterial yang dibutuhkan. Rumus untuk mendapatkan nomortotal biayamaterial yang diharapkan merupakan harga satuan material dikalikan menggunakan kuantitas material. Hasil perkalian ini akan membuat total budget per material. Pastikan Anda menghitung perkalian tadi dalam semua material yang diharapkan. Hasil perkalian total budget per material dijumlahkan satu sama lain yg menghasilkan total budget material seluruhnya.

Dalam melakukan renovasi, material bukan satu-satunya komponen yang diharapkan. Anda membutuhkan jasa kontraktor atau tukang bangunan buat melakukan perundingan. Tentu, Anda akan dikenakan porto jasa renovasi tempat tinggalsang kontraktor. Biaya jasa tersebut ditentukan sang kontraktor. Perlu diketahui bahwa masih ada 2 (dua) jenis metode perhitungan kontraktor yg sanggup dihitung secara harian atau borongan. apabila Anda melakukan renovasi minor menggunakan perkiraan waktu pengerjaan dalam 1-2 hari, usahakan Anda menentukan metode pembayaran harian. Untuk kisaran biayanya dapat berbeda-beda tergantung lokasi renovasinya. Setiap daerah mempunyai rate porto jasa yang berbeda-beda layaknya UMR. Di daerah Jabodetabek, rata-homogen biayajasa harian tukang bangunan berkisar Rp. 125.000 hingga Rp. 200.000,-.

Namun, jika Anda ingin melakukan renovasi tempat tinggalmenggunakan kategori major, dimana Anda akan melakukan renovasi total yang estimasi ketika pengerjaannya lebih berdasarkan 1 (satu) minggu, usahakan Anda menentukan metode pembayaran borongan. Metode pembayaran borongan dihitung berdasarkan luas proyek atau luas bangunan yg direnovasi. Hitungan pembayaran kontraktor borongan umumnya dihitung per meter persegi. Harga per meter persegi berkisar Rp. 1.500.000 sampai Rp. 4.000.000,-. Angka tadi dapat berbeda-beda tergantung vendor & lokasi.

Tips Memilih Vendor Kontraktor (Tukang Bangunan)

Sebagai orang umum , tentu Anda tidak bisa melakukan renovasi tempat tinggalseorang diri. Anda membutuhkan vendor kontraktor yang handal & berpengalaman pada membentuk (merenovasi) rumah. Membangun tempat tinggaltidak semudah menyusun batu bata layaknya mainan lego. Dibutuhkan keterampilan pada bidang arsitektur agar kekuatan bangunan yg direnovasi terjamin kekuatannya.

Kontraktor jua sanggup membantu Anda dalam menghitung budgeting material yang diperlukan. Seorang kontraktor yang pakar dapat memperkirakan material yg diharapkan hanya menggunakan mendengar arahan (impian) Anda. Anda wajibteliti dalam perhitungan RAB, karena meleset sedikit saja akan mengakibatkan pengeluaran tak terduga. Jika Anda nir mempunyai dana cadangan untuk pengeluaran tidak terduga tersebut, maka akan mengakibatkan pembangunan atau renovasi rumah terbengkalai.

Penting bagi Anda dalam menentukan vendor kontraktor. Kontraktor memegang peranan krusial dalam proses renovasi. Ada baiknya Anda melihat beberapa tips dari Ray White dalam memilih vendor kontraktor. Hal ini buat menghindarkan Anda dari terbengkalainya sebuah proyek renovasi.

Mintalah Rekomendasi Tetangga atau Kerabat

Jika Anda berada pada situasi dimana proyek renovasi berada di perumahan baru atau berada jauh menurut tukang bangunan langganan Anda, maka mintalah rekomendasi seseorang yg sudah lebih mengetahui tempat tersebut. Tetangga adalah keliru satu orang yang sanggup menaruh rekomendasi. Anda sanggup melihat tempat tinggaltetangga Anda yang sedang atau baru saja terselesaikan direnovasi. Anda sanggup melihat secara eksklusif hasil kerja menurut tukang bangunan tersebut.

Apabila Anda melihat bahwa output kerja tukang bangunan tadi memuaskan, Anda mampu bertanya lebih lanjut kepada tetangga tersebut biayamaterial & jasa yg dikeluarkan. Hal ini sanggup menjadi surat keterangan bagi Anda pada menyusun RAB. Jika memungkinkan, tanyalah beberapa tetangga buat mendapatkan banyak rekomendasi sehingga Anda sanggup membandingkan vendor-vendor tadi. Pastikan Anda memilih vendor yg terbukti memuaskan menggunakan harga yang wajar tentunya.

Carilah Rekomendasi Secara Online

Anda juga bisa mencari rekomendasi kontraktor secara online. Banyak sekali jasa renovasi tempat tinggalyang mengiklankan jasanya melalui internet. Ini akan lebih memudahkan Anda pada mencari kontraktor. Pastikan Anda memilih jasa kontraktor yang mempunyai review yang bagus.

Menghubungi Vendor Kontraktor

Setelah Anda mendapatkan rekomendasi kontraktor dari tetangga Anda, tidak terdapat salahnya bagi Anda buat menghubungi kontraktor tersebut. Anda harus memastikan balikbiayajasa kontraktor apakah sinkron menggunakan budget atau nir. Anda bisa menaruh citra arah renovasi Anda agar kontraktor tadi memiliki gambaran. Tanyakan pula portofolio yang pernah dikerjakan buat mencari memahami pengalaman  kontraktor tersebut.

Carilah Informasi Terkait Track Record Kontraktor

Anda wajibwaspada terhadap kontraktor nakal. Pada beberapa masalah, poly kontraktor yang melakukan mark up material yg harus dibeli pada RAB. Misalnya, waktu Anda hendak merenovasi rumah, seharusnya Anda hanya membutuhkan lima sak semen. Akan tetapi, kontraktor mengajukan 10 sak semen. Kontraktor akan memisahkan selisih semen tadi buat dijual kembali atau keperluan proyek lain. Tentu, perbuatan mark up ini sangat merugikan Anda. Hal ini tak jarang terjadi dalam client dimana tempat tinggalyang direnovasi berupa tempat tinggalkosong. Artinya, client tersebut nir berada dirumah yg direnovasi dan hanya sekali waktu datang untuk melihat progress renovasi.

Kejadian lain yang acapkali terjadi merupakan pengurangan kualitas material. Kontraktor menghitung RAB memakai material yg berkualitas namun sehabis uang pembelian material diberikan, kontraktor membeli material yg berkualitas jelek buat menekan porto produksi. Selisih berdasarkan pembelian material tersebut dikantongi buat laba pribadinya. Hal ini harus diwaspadai dan diantisipasi oleh Anda yang akan melakukan renovasi rumah.

Untuk menghindari potensi fraud tadi, Anda sanggup mencari tahu terlebih dahulu track record kontraktor tersebut melalui review online atau menanyakan pihak-pihak yang pernah berhubungan. Ini mungkin akan sedikit membuat repot Anda, namun lebih baik teliti terlebih dahulu dibanding menyesal pada kemudian hari. Kesalahan dalam menentukan kontraktor memilih keberhasilan sebuah proyek renovasi. Jangan hingga proyek Anda berantakan akibat vendor yang nir bertanggung jawab.

Melakukan Survey Rumah Yang Akan Direnovasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *