Metodologi Pendidikan Online

By | April 8, 2022

 

Ada banyak mitos dan kesalahpahaman tentang pendidikan online sampai masa lalu. Beberapa orang percaya bahwa pembelajaran online adalah pilihan yang baik hanya untuk siswa yang memiliki rekam jejak yang baik. Juga diyakini bahwa hanya siswa yang memiliki akses ke komputer dan sarana komunikasi modern yang akan mendapat manfaat dari pendidikan online. Namun, dengan waktu gagasan tersebut memberikan cara untuk penerimaan terbuka di mana orang sudah mulai menerima pendidikan online sebagai perubahan yang layak untuk pendidikan konvensional.

 

 

Tidak semua pilihan pendidikan online memiliki metodologi dan pendekatan yang serupa. Ada berbagai mode pendidikan online yang tersedia dan akan lebih baik jika Anda memiliki pemahaman tentang berbagai metodologi yang digunakan oleh penyedia pendidikan online sehingga anda dapat memilih kursus dengan metodologi yang paling sesuai untuk anda. Di sini kita membahas metodologi pembelajaran untuk pendidikan online:

Metodologi Pendidikan Online – Pilihan Yang Berbeda

Langsung: metodologi ini juga dikenal sebagai mode pembelajaran sinkron. Dalam mode pendidikan online ini, ada komunikasi instan antara siswa dan guru dan kadang-kadang bahkan di antara siswa yang berbeda. Di sini semua peserta mendapatkan akses ke informasi secara bersamaan. Kelas Virtual menggunakan fasilitas konferensi video atau audio dan obrolan waktu nyata adalah beberapa contoh dari mode pendidikan online ini.

Metodologi pembelajaran ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Mode ini lebih mirip dengan pendidikan konvensional kecuali kenyataan bahwa siswa tidak perlu melakukan perjalanan ke ruang kelas. Keuntungan terbesar dari metode sinkron https://www.materipintar.com/ pendidikan online adalah bahwa hal itu memungkinkan umpan balik instan untuk kinerja siswa dan memungkinkan interaksi aktif antara siswa dan guru. Dengan demikian para siswa bisa mendapatkan pelatihan dan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Selain itu, pendidikan langsung juga memfasilitasi pembentukan komunitas dan kelompok belajar untuk interaksi yang lebih baik di antara peserta didik.

Metode ini memiliki kelemahan yaitu siswa tidak dapat merencanakan jadwal mereka dan mereka terikat oleh jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.

Asynchronous: modus Asynchronous pendidikan online yang populer disebut sebagai toko dan pendidikan ke depan. Dalam metode ini, komunikasi antara siswa dan guru tidak instan. Kursus Mandiri adalah contoh pendidikan online asinkron di mana siswa berkomunikasi dengan guru dan di antara mereka sendiri dengan bertukar email dan memposting pesan di papan buletin online dan mendiskusikan kelompok. Ini adalah mode pendidikan online yang lebih populer karena menawarkan lebih banyak kenyamanan dan fleksibilitas kepada siswa dan mereka dapat memutuskan kecepatan dan jadwal untuk pendidikan dan pelatihan mereka.

Terlepas dari kelebihannya, mode pendidikan online ini juga memiliki kekurangan. Para siswa dalam mode pembelajaran ini, kurang disiplin dan motivasi dan umumnya cenderung mengembangkan sikap loyo terhadap pendidikan.

Mode campuran pembelajaran dalam pendidikan online menggabungkan keunggulan dari kedua mode dan itu adalah kombinasi dari kuliah pribadi atau pembelajaran interaksi tatap muka melalui aktivitas online.

Sekarang setelah Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang berbagai metodologi pendidikan online, Anda dapat memilih yang tepat untuk Anda dan meningkatkan keterampilan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *