Cara Mudah Menjual Foto di Shutterstock [UPDATE]

By | April 4, 2022

Gimana cara menjual foto di Shutterstock? Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang hal itu atau langsung dari orang lain? Bagi Anda yang suka berpergian, berkunjung dan bersenang-senang dengan traveling, pastikan smartphone atau hard disk dan memori SSD Anda dikemas dengan file foto dengan waktu perjalanan dan waktu luang Anda, bukan? Dalam beberapa tahun terakhir, saya telah mengumpulkan foto liburan bersama teman saya Agus secara teratur, dan untuk mengabadikan momen itu, saya bahkan menyimpannya ke Google Foto. Niat saya dari awal adalah untuk menjual foto atau gambar ini ke Shutterstock.

Apa itu Shutterstock?

 

Seperti yang telah saya kutip dari beberapa website terkenal, Shutterstock adalah sebuah microstock yang merupakan tempat untuk merangkul karya ilmiah sebagai lawan dari seniman.

Seniman yang saya maksud di sini adalah kartun, vektor, fotografer independen dan orang-orang yang suka memotret meski enggan disebut fotografer. Shutterstock juga sangat populer di kalangan bisnis dan sudah memiliki akses pasar yang luas. Alhasil, tidak heran lagi jika banyak sekali orang yang membutuhkan gambar atau vektor atau beberapa judul foto di Shutterstock.

Bagaimana Menjadi Penyedia Shutterstock?

Beberapa tahun yang lalu sangat sulit untuk menjadi supplier Shutterstock, karena harus melalui beberapa proses seperti pemasangan model foto/vektor yang bagus. Yang lebih mengganggu adalah kenyataan bahwa peserta mungkin juga diminta untuk meninjau informasi yang diterima secara internasional, seperti halnya dengan paspor.

Sementara itu, mendaftar ke Shutterstock semudah membuat akun di Google, Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram, WhatsApp, dan lainnya. Seperti dalam kebanyakan kasus, Anda harus memiliki email yang valid, baik Gmail, Ymail, atau email perusahaan.

Bagi mereka yang akan mendaftar Shutterstock, silakan ikuti beberapa langkah sederhana di bawah ini:

 

  1. Daftar langsung di laman resmi Shutterstock.com 
  2. Masukkan informasi yang diminta dalam formulir yang disediakan. Gunakan data asli sesuai informasi warga (KTP), sehingga nantinya akan membantu proses penarikan uang dari karya yang dijual.
  3. Verifikasi akun Anda melalui email yang dikirim oleh Shutterstock.
  4. Setelah itu silahkan masukkan email dan password yang anda daftarkan tadi.
  5. Kemudian yang harus Anda lakukan adalah mengunggah foto koleksi terbaik Anda ke Shutterstock (foto yang diterima akan memiliki kata Diterima, dan yang ditolak akan ditandai dengan poin Ditolak.).
  6. Ini sudah berakhir.

Seberapa mudahkah menjadi Donatur Shutterstock?

Foto apa saja yang bisa dijual di Shutterstock?

Untuk cara menjual foto di Shutterstock Anda dapat mengunggah gambar apa pun ke Shutterstock selama gambar tersebut tidak melanggar syarat dan ketentuan Shutterstock, salah satunya minimal 4 MP (Megapiksel). Misalnya, Anda memiliki resolusi 2.000 x 2.400 piksel dengan ukuran 4,8 MP, yang berarti foto/gambar tersebut dapat diunggah dan dijual di Shutterstock. Nah, buat kamu yang berencana menjual foto hasil karya fotografimu, usahakan setting kamera kamu tidak kurang dari 4 Megapiksel, oke!