Cara Mencari Konsultan SEO dan SEO Specialist yang Tepat

By | April 1, 2022

Saat ini, meningkatkan lalu lintas organik dan meningkatkan pemasaran masuk adalah tentang SEO, atau optimasi mesin pencari. Ketika dilakukan dengan benar, web Anda akan mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian ketika audiens target Anda mencari kata kunci yang terkait dengan layanan Anda.

Banyak merek tidak tahu harus mulai dari mana untuk meningkatkan peringkat web mereka, sehingga mereka menyewa layanan SEO profesional. Memutuskan untuk menyewa konsultan bisa jadi sulit. Jika merek Anda berjuang untuk membuat nama untuk dirinya sendiri, kemungkinan Anda tidak memiliki uang ekstra yang mengambang di anggaran. Namun, menyewa konsultan yang tepat dapat membalikkan keadaan. Seorang profesional SEO tidak hanya akan membantu meningkatkan lalu lintas dan tingkat konversi Anda, tetapi mereka akan membebaskan waktu Anda untuk fokus pada hal-hal yang lebih penting, seperti menjalankan bisnis Anda.

Jika Anda tidak yakin bagaimana menemukan Jasa SEO yang tepat untuk Anda, berikut adalah enam tips untuk mengarahkan Anda ke arah yang benar.

1. KETAHUI TANDA PERINGATAN

Mengetahui tanda-tanda konsultasi SEO yang buruk sangat penting ketika Anda mencoba memilih layanan yang tepat untuk merek Anda. Ada taktik yang akan digunakan beberapa layanan untuk mencoba dan meyakinkan Anda bahwa mereka tahu apa yang mereka lakukan dan bahwa mereka yang paling memenuhi syarat, tetapi ini bisa jadi janji kosong.

Salah satu bendera merah utama adalah apa yang kami sebut taktik SEO topi hitam. Black hat SEO termasuk membeli tautan di website lain, memasukkan kata kunci, atau menulis konten yang buruk dan tidak relevan hanya untuk meningkatkan peringkat halaman. Taktik ini dapat mengakibatkan hukuman dari Google, dan apakah Anda mengetahui bahwa konsultan melakukan ini, Andalah yang harus membayar harganya – bukan konsultan.

Hal lain yang harus diwaspadai adalah janji-janji besar dengan deskripsi yang tidak jelas. Jika seorang konsultan mengatakan mereka dapat melipatgandakan lalu lintas web Anda dalam dua minggu dengan strategi yang hanya mereka ketahui, Anda dapat yakin bahwa itu terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. SEO adalah ilmu dan ada langkah-langkah jelas yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan peringkat halaman Anda. Jika seseorang mengklaim memiliki pengetahuan khusus atau mengklaim bahwa mereka tahu bagaimana mencapai hasil yang sangat bagus, mereka menjual kepada Anda presentasi yang mencolok daripada menunjukkan keahlian mereka (atau kekurangannya).

2. DAPATKAN REFERENSI DARI TEMAN ANDA

Salah satu cara untuk melindungi diri Anda dari ditarik ke dalam kontrak dengan konsultan SEO yang buruk adalah dengan membaca ulasan dari orang-orang nyata dan rekan-rekan Anda. Googling “Layanan SEO Profesional Terbaik” mungkin bukan cara terbaik untuk menemukan konsultan yang tepat untuk Anda. Tentu, mereka telah menunjukkan kemampuan mereka untuk berperingkat tinggi di SERP (halaman hasil mesin pencari) dan itu mungkin tampak menunjukkan keahlian mereka. Namun, itu tidak memberi tahu Anda apakah mereka memberikan perhatian dan perhatian yang sama kepada klien mereka.

Bicaralah dengan orang lain yang telah bekerja dengan konsultan untuk meningkatkan strategi pemasaran masuk mereka. Dengan siapa mereka bekerja? Apakah mereka puas? Jika tidak, mengapa tidak? Bicaralah dengan seseorang secara langsung dan ajukan pertanyaan, jika tidak, Anda harus mencoba dan menemukan jawaban Anda dalam ulasan di website pihak ketiga.

3. MEMILIKI TUJUAN KHUSUS (DAN KPIS) DI PIKIRAN

KPI, atau indikator kinerja utama, adalah metrik yang akan Anda gunakan untuk menentukan apakah konsultan benar-benar membantu meningkatkan strategi pemasaran masuk Anda. Anda harus memeriksa secara teratur dengan konsultan untuk memastikan bahwa KPI ini meningkat.

Saat Anda memutuskan antara layanan SEO profesional, ingatlah tujuan spesifik yang ingin Anda capai. Juga, pertimbangkan KPI mana yang akan digunakan untuk mengukur apakah tujuan ini terpenuhi. Beberapa KPI penting termasuk jumlah sesi organik yang Anda miliki, peringkat mesin pencari untuk kata kunci tertentu, tingkat konversi, panggilan telepon, dan lainnya. Tanyakan persis kepada konsultan bagaimana mereka meningkatkan KPI ini sehingga Anda tahu bahwa Anda akan mendapatkan hasil yang Anda butuhkan.

4. MINTA SAMPEL

Meminta konsultan SEO untuk memberi Anda contoh nyata dari pekerjaan mereka adalah cara yang bagus untuk menentukan apakah mereka cocok untuk Anda. Tanyakan kepada mereka apakah mereka pernah bekerja untuk merek seperti milik Anda dan tanyakan tentang hasil yang mereka capai. Sekarang saatnya untuk pilih-pilih.

Juga, luangkan waktu untuk melihat web mereka. Apakah mereka menulis konten yang bagus? Apakah website mereka mudah dinavigasi? Ini adalah indikator yang baik dari kemampuan mereka. Ingatlah, bahwa banyak konsultan akan lebih fokus pada web klien daripada website mereka sendiri, jadi jangan kehilangan kepercayaan pada mereka hanya karena beberapa hal tidak seperti yang Anda harapkan.

5. CARI KOMUNIKASI BERKUALITAS

Komunikasi yang baik sangat penting ketika memilih konsultan SEO yang tepat. Strategi SEO yang baik membutuhkan waktu berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun untuk ditetapkan. Ketika Anda memasuki komitmen panjang seperti itu, Anda perlu tahu bahwa mereka akan berkomunikasi dengan Anda secara efektif.

Tetapkan seberapa sering Anda akan berkomunikasi dan cara Anda berkomunikasi jika Anda mempekerjakan mereka. Seharusnya mudah untuk menjangkau mereka bahkan saat Anda sedang dalam proses pertimbangan. Jika Anda mendapati diri Anda menunggu lama untuk mendapat tanggapan, atau bahkan jika Anda tidak berada di halaman yang sama dengan konsultan pada tingkat pribadi, mungkin sudah saatnya untuk melanjutkan.

6. AJUKAN PERTANYAAN

Anda tidak akan pernah bisa mengajukan terlalu banyak pertanyaan saat memutuskan layanan konsultasi SEO. Sebelum merekrut, pastikan bahwa mereka dapat memenuhi kebutuhan Anda dan Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang bagaimana mereka akan melakukannya. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang harus Anda tanyakan sebelum merekrut:

Kapan kita akan mulai melihat hasilnya?

Biaya apa yang harus saya harapkan?

Apa yang terjadi jika saya ingin membatalkan?

Apakah saya akan memiliki web jika saya meninggalkan kontrak?

Apa yang Anda butuhkan dari kami untuk menjadi sukses?

Apakah Anda menawarkan beberapa opsi kontrak/anggaran? Jika demikian, apa mereka?

BACA JUGA : Cara Mencari Memilih Menyewa SEO Specialist dan Konsultan SEO

DAPATKAN ANALISIS KONTEN GRATIS SEBELUM MEMBAYAR APA PUN

SEO adalah permainan serba cepat dan berisiko tinggi yang harus diikuti oleh merek jika mereka ingin bersaing di era digital. Meskipun banyak yang tergoda untuk mengatasinya sendiri, ada banyak alasan mengapa menghubungi jasa pemasaran masuk dan mendapatkan bantuan mereka mungkin masuk akal bagi Anda.

Banyaknya manfaat yang diberikan jasa SEO berarti ROI yang lebih baik atas uang Anda yang diinvestasikan dalam layanan SEO. Dapatkan analisis SEO/konten gratis dari Strategi Halaman Pertama dan audit kami akan memberi tahu Anda apa yang harus diubah dan mengapa. Dengan bantuan kami, Anda akan lebih mampu bersaing dengan pesaing Anda dan membawa pengunjung baru ke website Anda, semuanya dengan biaya yang lebih murah untuk tim pemasaran internal.