Mengenal Diet Gula dan Trik Sukses Memulainya!

By | March 23, 2022

Banyak orang bermasalah dengan asupan nutrisi sehingga menyebabkan berbagai penyakit maupun kelebihan berat badan. Asupan gula menjadi salah satu nutrisi yang perlu mendapatkan perhatian lebih karena gula sering tidak sadar dikonsumsi. Program diet gula adalah salah satu program yang penting untuk dijalankan supaya terhindar dari banyak penyakit.

Apa Itu Diet Khusus Gula?

Gula menjadi salah satu bahan utama di setiap makanan atau minuman meskipun tidak terasa manis. Bahkan saus atau camilan lain seperti keripik kentang dan mie juga bisa menjadi sumber utama dari gula.

Jenis diet satu ini merupakan salah satu cara membatasi asupan gula dalam jangka waktu tertentu, biasanya banyak orang melakukan selama 30 hari. Diet ini membantu mengurangi resiko penyakit akibat tingginya kadar gula darah seperti diabetes melitus, hingga penyakit jantung.

Diet ini tidak diperuntukkan bagi semua orang apalagi orang dengan kadar gula darah yang rendah. Jika selama ini Anda merasa terus menerus mengkonsumsi minuman bersoda atau makanan manis, diet ini bisa menjadi jalan menghindarkan diri berbagai penyakit.

Tips Memulai

Seperti berbagai jenis diet lainnya, diet satu ini tidak bisa langsung dilaksanakan dengan lancar. Selalu ada berbagai kendala dalam menjalaninya tetapi ada beberapa trik untuk Anda supaya bisa berhasil menjalaninya!

1. Lakukan Perlahan

Satu hal yang harus Anda pahami adalah setiap proses diet tidak bisa dilakukan secara instan dan harus secara perlahan. Jangan pernah berusaha memaksakan diet karena nantinya bisa membuat Anda mengalami kegagalan dalam diet.

Mulailah cukup dengan mengurangi porsi gula setiap harinya secara bertahap. Anda juga harus pandai mengganti konsumsi gula dari minuman dengan teh tanpa gula atau kopi, bila perlu ganti asupan roti dengan roti gandum.

2. Lihat Label Kemasan

Banyak kemasan ternyata menyembunyikan jumlah gula pada sebuah produk dengan nama lain seperti sukrosa, maltose, ataupun corn syrup. Membiasakan diri membaca label produk bisa menghindarkan Anda dari konsumsi gula berlebih.

3. Abaikan Less Sugar

Saat membeli sebuah produk, jangan langsung tergoda dengan label yang menyatakan less sugar. Tulisan tersebut bukan berarti Anda akan terbebas dari asupan gula ketika mengonsumsinya dan ini bisa membuat diet menjadi gagal.

4. Hindari Minuman Tertentu

Di supermarket atau pasaran saat ini ada banyak sekali produk minuman yang biasa dikonsumsi setiap hari padahal mengandung gula tinggi. Misalnya saja pada produk kopi kemasan hingga susu berperisa seperti susu cokelat ataupun strawberry.

5. Mengganti Sumber Gula

Menghindari gula bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi makanan manis sama sekali. Anda bisa memperoleh asupan gula dari sumber yang lainnya seperti dari buah ataupun sayuran berwarna untuk cukupi kebutuhan harian.

Sebelum menjalankan diet gula sebaiknya terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter terkait keputusan yang akan diambil. Jika menjalankan diet ini untuk menurunkan berat badan, maka jangan lupa untuk mengimbangi dengan olahraga teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *