Permasalahan Kucing Tidak mau Makan yang harus Anda Ketahui

By | March 13, 2022

Memeriksakan kucing ke dokter hewan adalah cara tercepat untuk mengetahui apakah ada alasan yang membuatnya tidak mau makan. Sebab, peyebab utama kucing tidak mau makan adalah hewan tersebut sedang mengalami gangguan kesehatan tertentu. Salah satunya adalah gangguan pernapasan yang membuatnya tidak dapat mencium bau makanan, sehingga tidak nafsu makan

Hewan peliharaan seperti kucing tidak mau makan, tentu dapat menimbulkan kekhawatiran pada pemiliknya. Bila hal ini terjadi,kucing akan menggunakan cadangan lemak untuk dijadikan energi. Nah,cadangan lemak tersebut akan diproses pada hati menggunakan protein. Namun,hal tersebut fatal bila terjadi secara terus-menerus.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan kucing tidak mau makan.Simak di bawah ini :

Mengalami Gangguan Kesehatan Tertentu

Penurunan nafsu makan merupakan salah satu indikator utama bahwa ada sesuatu yang salah pada kucing tidak mau makan tersebut. Hal ini dapat disebabkan oleh kucing yang sedang mengalami gangguan kesehatan tertentu. Salah satunya adalah gangguan pernapasan yang membuat kucing tidak nafsu makan.

Pasalnya, gangguan pernapasan membuat kucing sesak napas dan terganggu penciumannya. Selain itu, sejumlah gangguan kesehatan serius lainnya juga dapat memicunya. Misalnya seperti, gangguan pencernaan, sakit gigi, gagal ginjal, adanya infeksi, pankreatitis, masalah usus, hingga kanker.Bukan cuma manusia yang dapat sakit namun hewan peliharraan juga bisa merasakan hal tersebut.

Akibat Vaksinasi

Salah satu cara menjaga kesehatan kucing adalah melakukan vaksinasi. Namun, vaksinasi juga dapat menimbulkan efek samping pada sebagian kucing. Salah satu efeknya  adalah kehilangan nafsu makan. Hal tersebut bisa jadi merupakan reaksi negatif kucing terhadap suntikan. Meski begitu,  kehilangan nafsu makan akibat vaksinasi biasanya bersifat sementara dan ringan. Tidak akan menimbulkan gangguan yang berlebihan.

Adanya Masalah Kesehatan Mental  

Layaknya manusia, kucing adalah makhluk yang menjalani hidup berdasarkan kebiasaan. Nah, perubahan rutinitas, perpindahan ke tempat atau lingkungan asing, hingga perjalanan jauh dapat mengakibatkan hilangnya nafsu makan.

Sebab, perubahan kebiasaan dapat memicu masalah kesehatan mental pada kucing. Misalnya seperti gangguan kecemasan hingga depresi. Perlu diketahui bahwa kucing membutuhkan waktu untuk melakukan adaptasi pada suatu lingkungan yang baru saja ia ketahui.

Perlu tindakan apa pada kucing tersebut  ?

Memeriksakan kucing ke dokter hewan adalah cara tercepat untuk mengetahui apakah ada alasan yang membuatnya tidak mau makan. Jika masalah kesehatan menjadi penyebabnya, dokter hewan mungkin akan melakukan beberapa hal untuk mengatasinya.Misalnya memberikan makanan melalui cairan suntikan yang akan dokter berikan pada kucing tersebut.

Bila kucing peliharaan mendadak tidak mau makan, Maka segeralah periksa dirinya kepada dokter hewan terdekat. Mungkin hal tersebut bisa jadi  kucing yang kalian pelihara sedang sakit. Terimakasih telah membaca artikel tentang masalah kucing tidak mau makan sekian terimakasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *