Manfaat Probiotik Untuk Pencernaan Anak

By | March 9, 2022

Probiotik atau kerap disebut bakteri baik memang menjadi salah satu istilah yang cukup familiar bagi orang tua. Terlebih, hal ini berhubungan secara langsung dengan kesehatan anak secara umum. Ya, ada cukup banyak bahasan tentang probiotik, termasuk manfaat probiotik untuk pencernaan anak.

Nah, seiring dengan pentingnya sistem pencernaan sebagai tempat mengolah nutrisi makanan, tentu menjaga kesehatan sistem pencernaan adalah hal yang perlu dimaksimalkan. Untuk memberikan gambaran, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beragam manfaat probiotik khususnya untuk pencernaan anak.

Apa saja manfaat yang dimaksud? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang Probiotik

Sebelum membahas tentang manfaat probiotik untuk sistem pencernaan anak, tentu Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan probiotik itu sendiri.

Dalam pengertian singkat, probiotik merupakan sebuah senyawa yang terdiri dari bakteri baik dan berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum. Ada beberapa cara kerja dari probiotik, salah satunya adalah dengan menyeimbangkan bakteri baik dan bakteri jahat terutama yang ada di dalam usus.

Kandungan probiotik bisa didapatkan dari beragam makanan dan minuman. Beberapa bahan pangan seperti tempe, yogurt dan lainnya merupakan pangan yang memiliki kandungan probiotik tinggi.

Ragam Manfaat Probiotik Untuk Pencernaan

Sebagaimana disinggung di awal, ada cukup banyak manfaat dari probiotik terutama untuk pencernaan anak. Beberapa manfaat yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menyeimbangkan bakteri di dalam usus

Di dalam usus, terdapat banyak bakteri yang memiliki tugas masing-masing. Bakteri tersebut tentu juga akan berpengaruh pada bagaimana proses pencernaan di dalam sistem tersebut berjalan.

Dalam hal ini, salah satu manfaat dari probiotik untuk pencernaan tubuh adalah akan menyeimbangkan bakteri di dalam usus. Seperti yang dibahas sebelumnya, probiotik adalah bakteri baik. Nantinya, dengan adanya probiotik, maka keseimbangan bakteri baik dan buruk akan cenderung stabil dan pencernaan bisa berfungsi dengan baik.

  • Melancarkan saluran cerna

Hal lain terkait manfaat probiotik untuk pencernaan adalah bahwa senyawa ini bisa dimanfaatkan untuk melancarkan saluran cerna. Sebagaimana diketahui bahwa anak belum memiliki sistem pencernaan yang bisa bekerja dengan baik sehingga sering terjadi masalah.

Nah, terkait masalah ini, probiotik akan hadir untuk melancarkan sistem saluran cerna. Dengan adanya jumlah probiotik yang cukup, maka sistem pencernaan akan cenderung lebih lancar dan pencernaan bisa diproses tanpa adanya masalah.

  • Mencegah diare

Diare adalah salah satu masalah pencernaan yang kerap terjadi pada anak. Hal ini dikarenakan sensitivitas sistem pencernaan anak yang cenderung cukup tinggi.

Terkait diare, probiotik bisa menjadi senyawa yang menguntungkan. Senyawa ini bisa diandalkan untuk mencegah diare dan membuat anak terhindar dari masalah BAB.

Beberapa hal di atas adalah ragam manfaat probiotik untuk pencernaan. Tentu, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, konsumsi makanan dengan kandungan probiotik pun tentu perlu dimaksimalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *