Modal Internet, Ini Pekerjaan Sampingan Terbaik di 2022

By | March 7, 2022

Mendapatkan penghasilan tambahan melalui kerja sampingan atau pekerjaan tambahan bisa membantu Anda. Individu dari semua latar belakang dan tingkat pendidikan dapat menggunakan keterampilan dan bakat mereka untuk menghasilkan uang.

Tawarkan Jasa Menjadi Penulis Lepas

Pikirkan tentang semua yang Anda baca setiap hari. Menjadi penulis lepas adalah salah satu jenis kerja sampingan dengan berbagai pertumbuhan paling cepat. Misalnya, ketika Anda mengunjungi beberapa website untuk membaca berita, mempelajari detail produk atau layanan, atau membeli sesuatu.

Semua website tersebut pastinya membutuhkan seorang penulis yang berpengetahuan luas di bidangnya untuk membuat segala teks yang ada di website tersebut. Baik itu penulis profesional yang bekerja secara internal, ataupun bekerja secara lepas, hampir semuanya mengerjakan teks-teks yang ada tersebut dan kita baca setiap hari.

Namun, satu hal yang jauh lebih penting lagi adalah Anda harus menjadi penulis yang akrab dengan teknik Search Engine Optimization (SEO). Sebab, medium untuk menampilkan tulisannya adalah website. Karena itu kemampuan untuk meneliti dan menggunakan kata dan frasa yang memotivasi calon pelanggan untuk mengambil tindakan dan menautkan kembali ke halaman tertentu yang Anda ingin dikunjungi memerlukan pengetahuan khusus tentang SEO tersebut. Jika belum akrab, pelajarilah!

Tawarkan Jasa Menjadi Penulis Resume

Pasti Anda berpikir, apa bedanya pekerjaan ini dengan penulis lepas. Apakah masih masuk dalam kategorinya. Ya, itu bisa saja. Namun, kita percaya bahwa menulis resume yang berkualitas biasanya dikerjakan oleh profesional dan memerlukan keterampilan khusus. Sebuah resume berkualitas tinggi biasanya tidak menyertakan banyak kalimat lengkap dan panjang. Bahkan beberapa tidak memilikinya.

Seorang penulis resume biasanya mengumpulkan semua pengalaman profesionalnya dengan keahlian yang dimiliki. Selanjutnya, mereka akan menggabungkannya untuk menghasilkan dokumen berkualitas yang bisa ditawarkan ke sebuah perusahaan yang membutuhkannya. Cobalah cari pekerjaan ini di website. Saat ini banyak yang menawarkannya.

Membuat Bimbingan Belajar Secara Daring

Menjadi pengajar secara daring di beberapa mata pelajaran khusus telah lama menjadi pekerjaan sampingan yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan pandemi COVID pada akhirnya sangat berpengaruh untuk menciptakan permintaan yang lebih besar untuk les secara daring dibanding pergi belajar tatap muka ke lembaga kursus. Tergantung pada wilayah tempat yang Anda tinggali dan mata pelajaran yang diajarkan oleh Anda, jasa les daring adalah salah satu cara paling terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bayarannya umumnya lebih tinggi daripada pekerjaan lepas lainnya, yaitu sekitar 300 – 600 ribu rupiah per jam.  Tutor yang berspesialisasi dalam persiapan ujian khusus seperti halnya ACT dan SAT bahkan biasanya memperoleh sedikit lebih banyak bayarannya, yaitu 450 ribu – 1 juta rupiah per jam.  Keahlian dalam matematika, menulis, sains, sejarah atau bahasa asing adalah mata pelajaran les yang populer.

Apa Saja Ide Kerja Sampingan Terbaik yang Ada di Tahun 2022 Ini?

Asisten Virtual

Asisten kantor seperti sekretaris, resepsionis, asisten administrasi, dan lainnya telah menjadi andalan di dunia usaha selama lebih dari 100 tahun. Dengan kemajuan teknologi kantor, dikombinasikan dengan kekuatan internet, banyak tugas kantor dapat dilakukan dari jarak jauh.  Alih-alih membuat folder klien dan mengarsipkan semuanya menurut abjad, asisten virtual hanya menyimpan semua materi mereka di folder berbasis cloud yang dapat diakses oleh siapa saja dengan kredensial cara masuk yang tepat.

Saat ini bisnis dari berbagai ukuran mungkin memerlukan seseorang untuk menjawab panggilan telepon, memeriksa akun email umum, membuat dan mengarsipkan dokumen, melakukan riset kata kunci, mengetik, dan melakukan tugas kantor lainnya. Tarif per jam berkisar dari 100 – 400 ribu rupiah per jam. Seperti kebanyakan pekerjaan sampingan, asisten berpengalaman bisa mendapatkan lebih besar hingga 500 ribu rupiah per jam.

Menjadi Transkripsi

Pekerjaan ini adalah seseorang yang mentranskripsikan file audio ke format tertulis. Pekerjaan ini jadi cara terbaik untuk menghasilkan uang di saat ini. Banyak ahli transkripsi penuh waktu yang berpengalaman memiliki penghasilan yang besar setiap tahunnya. Kebanyakan profesi ini dimulai dengan bekerja paruh waktu hingga mengembangkan keterampilan mengetik mereka. Selain kemampuan mengetik lebih dari 70 kata per menit tanpa kesalahan, profesi ini membutuhkan keterampilan mendengarkan yang sangat baik.

Untuk menekuni profesi ini, Anda memerlukan koneksi internet yang cepat. Jangan lupa untuk cek spesifikasi laptop atau komputer Anda. Sebab profesi ini juga membutuhkan alat yang handal. Jangan lupa sepasang headphone terbaik dengan suara jernih.

Selanjutnya Anda perlu mempelajari cara meningkatkan kecepatan mengetik. Sebab setiap kali Anda melepaskan tangan dari keyboard, dari sebuah riset artinya Anda kehilangan rata-rata tujuh detik. Seorang Transkripsionis hukum dan transkrip penegak hukum sangat diminati. Area lain yang menggunakan transcriptionist termasuk institusi akademik dan pendidikan, bisnis umum, praktik dan fasilitas medis, stasiun TV, dan podcaster.

Seniman Kreatif atau Grafis

Semakin banyak seniman grafis dan kreatif memilih untuk menawarkan keterampilan mereka secara lepas atau bekerja paruh waktu. Jika Anda memiliki bakat artistik untuk membuat logo, podcast dan sampul album, spanduk, bagian pemasaran, atau sejumlah proyek lain yang membutuhkan sentuhan kreatif, Anda dapat dengan cepat mengubah pekerjaan sampingan menjadi pekerjaan tetap.

 

Sebagian besar seniman grafis memiliki pelatihan khusus dalam seni, grafis, atau desain kreatif dari sekolah teknik, perguruan tinggi, atau dari berbagai kursus lewat internet yang saat ini banyak bisa ditemukan di website-website. Misalkan Anda sudah menjadi seniman grafis yang terampil.

Nah, itulah beberapa ulasan ide pekerjaan sampingan yang bisa Anda geluti di tahun ini. Cukup modal sambungan internet, maka pekerjaan tersebut bisa hasilkan sejumlah uang untuk menambah pundi-pundi penghasilan Anda.