5 Hal Yang Harus Dibuat Saat Memulai Pemasaran Digital

By | February 25, 2022

Pemasaran digital memanfaatkan teknologi digital termasuk web, media sosial, blog, email, dan aplikasi seluler untuk menjangkau pelanggan baru dan terlibat dengan pelanggan saat ini. Strategi pemasaran digital terdiri dari banyak komponen, tergantung pada jenis bisnis yang Anda miliki dan bagaimana Anda berinteraksi dengan pelanggan Anda, tetapi sebagian besar rencana harus memasukkan lima bidang utama untuk menjadi sukses. Walaupun agar lebih mudah, bagi perusahaan besar Anda bisa menggunakan jasa digital marketing untuk mendapatkan strategi dan eksekusi digital marketing yang efektif.

Pemasaran digital bisa rumit dan memakan waktu, dan bisnis kecil Anda mungkin tidak memiliki karyawan yang berdedikasi untuk menangani pekerjaan itu. Jika Anda tidak berpengalaman dengan bidang-bidang ini, pertimbangkan untuk mengalihdayakan sebagian atau semuanya untuk memberi Anda waktu yang Anda butuhkan untuk fokus mengembangkan bisnis Anda.

1. Website

Web adalah dasar dari strategi pemasaran digital. Di sinilah Anda akan mengarahkan lalu lintas, mengumpulkan prospek, dan memberikan informasi berguna tentang perusahaan Anda. Memiliki kehadiran web tidak harus mahal atau membutuhkan banyak waktu untuk mengelolanya, tetapi sekitar sepertiga pemilik usaha kecil masih belum digital, menurut survei Clutch 2018. Jika Anda termasuk dalam kubu ini, sekarang adalah waktu yang tepat untuk meluncurkan strategi pemasaran digital Anda dengan membangun web.

2. Pemasaran Konten

Buat dan distribusikan konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mempertahankan audiens yang jelas dan untuk mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan. Pemasaran konten terkadang tumpang tindih dengan pemasaran digital), jadi penting untuk memiliki strategi menyeluruh yang menggabungkan banyak elemen.

3. Media Sosial

Memposting tautan ke konten di saluran media sosial Anda meningkatkan lalu lintas ke web dan blog Anda dan memberi Anda cara untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan calon pelanggan. Ikuti beberapa saran dasar sebagai bagian dari strategi media sosial Anda:

– Pilih satu untuk memulai: Jangan mencoba membuat kehadiran di setiap platform sosial sekaligus. Jelajahi keunggulan masing-masing, lalu pilih satu atau dua yang terbaik untuk perusahaan Anda dan pelanggan Anda, lalu fokuskan waktu Anda di sana.

– Klaim merek Anda di semua platform: Daftarkan nama merek Anda di setiap jaringan untuk mencegah orang lain menggunakannya. Saat Anda melakukannya, klaim bisnis Anda di Google.

Konsisten: Saat mengatur profil sosial Anda, gunakan gambar profil, bio, spanduk, dan warna yang sama untuk memperkuat kehadiran merek Anda.

– Fokus pada percakapan dan keterlibatan: Media sosial adalah tentang percakapan. Bertujuan untuk membuat komunitas yang berkembang di setiap sosial sebagai lawan membanjiri audiens Anda dengan promosi.

– Buat kalender posting sosial: Gabungkan jadwal posting sosial ke dalam kalender konten yang sudah Anda buat, atau buat yang baru yang menguraikan apa yang akan Anda bagikan, di mana, dan kapan.

– Kumpulkan dan tinjau metrik: Gunakan alat analitik yang tersedia di berbagai platform sosial untuk melihat jenis posting apa yang berkinerja terbaik sehingga Anda dapat semakin melibatkan audiens Anda.

4. Email Marketing

Pemasaran email yang sukses berkomunikasi dengan pelanggan secara teratur. Kuncinya adalah mengirimkan pesan yang relevan dan menarik dengan jadwal yang konsisten. Dibutuhkan waktu untuk membangun daftar email yang berkualitas, tetapi itu sepadan dengan waktu dan usaha. Mulai gunakan pemasaran email dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

– Pilih platform yang tepat: Pilih platform pemasaran email yang memiliki fitur yang Anda butuhkan dengan harga yang sesuai untuk bisnis Anda. Beberapa menekankan untuk menjangkau audiens yang lebih luas, sementara yang lain menyediakan alat yang lebih baik untuk membantu mendesain email Anda.

– Buat templat buletin: Sebagian besar platform pemasaran email menyediakan templat siap pakai yang dapat Anda sesuaikan dengan mudah dengan logo dan informasi perusahaan Anda. Luangkan waktu untuk melakukan ini pada awalnya dan Anda dapat menggunakan kembali template setiap kali Anda mengirim buletin.

– Secara aktif mendorong pendaftaran: Promosikan buletin Anda di web Anda, di media sosial, dan di tanda tangan email Anda untuk mengembangkan daftar email Anda. Pertimbangkan untuk menawarkan insentif, seperti unduhan gratis atau diskon, untuk mendaftar.

– Kumpulkan dan tinjau metrik: Gunakan alat analitik yang tersedia di platform pemasaran email yang Anda pilih untuk melihat berapa banyak orang yang membuka pesan Anda dan mengklik tautan tertentu.

5. Search Engine Optimization

Search Engine Optimization (SEO) memainkan peran besar dalam pemasaran digital dengan memastikan bisnis Anda diposisikan dengan baik di pencarian Google dan dalam pencarian daring lainnya. Jika konten yang Anda buat tidak dioptimalkan, Anda akan kesulitan mendapatkan orang yang tepat untuk melihatnya di waktu yang tepat. Mulailah dengan langkah-langkah ini:

– Lakukan riset Anda: Kenali kinerja web Anda dan web pesaing Anda terlebih dahulu. Gunakan Google dan mesin pencari lainnya untuk melihat peringkat Anda.

– Pilih kata kunci yang tepat: Berdasarkan penelitian Anda, pilih kata kunci yang paling tepat untuk web Anda, posting blog, dan semua konten lain yang Anda buat.

– Gunakan alat SEO: Ada banyak alat SEO gratis yang tersedia yang akan membantu Anda mengoptimalkan konten Anda. Pilih alat yang lebih relevan untuk bisnis Anda.

– Kumpulkan dan tinjau metrik: Gunakan Google Analytics dan alat SEO lain yang Anda pilih untuk melihat kinerja konten yang dioptimalkan sehingga Anda dapat meningkatkannya dari waktu ke waktu.

Baca artikel kami lainnya: Apa Itu Facebook Pixel, Cara Kerja dan Manfaatnya?