Khasiat Luar Biasa Dari Kunyit Putih

By | February 21, 2022

kunyit putih sebenarnya pertama kali tumbuh di daratan asia tenggara, namun saat ini sudah menyebar hingga daratan Eropa dan Amerika. Tumbuhan ini diperkenalkan ke Eropa oleh bangsa Arab pada sekitar abad ke-6, tetapi penggunaannya sebagai bumbu dapur masih minim bagi bangsa eropa, mereka lebih memilih menggunakan jahe. Walaupun saat ini kebanyakan orang lebih memilih menggunakan jahe di banfing kunyit putih, namun tanaman ini masih sering digunakan pada beberapa masakan indonesia. Di Indonesia, kunyit putih dijadikan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan kari. Di Thailand, tanaman ini digunakan sebagai bagian dari salad. Dan di India kunyit putih segar juga digunakan bumbu dapur masakan tradisional.

Salah satu manfaat dari kunyit putih yaitu untuk mengatasi masalah pencernaan. Bahkan, Magafit Hpai memilih kunyit putih sebagai komponen utamanya. Produk Hpai ini memang diproduksi khusus untuk mengatasi maag.

Sejak puluhan tahun yang lalu, Kunyit putih sudah digunakan untuk mengatasi mual, gangguan haid hingga kanker. Orang pedesaan menggunakan rimpang sebagai sifat rubefacient, karminatif, ekspektoran, penenang, diuretik dan stimulant, sementara akarnya digunakan dalam mengatasi perut kembung, dispepsia, pilek, batuk dan demam.

Nicolas Culpeper menyebutkan dalam puisinya yang ia buat pada abad ke-13, yang berjudul Roman de la ia menyebutkan bahwa kunyit putih memiliki kemampuan untuk melancarkan menstruasi, mengatasi mual, mengatasi masuk angin dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

Sejak awal, kunyit putih memang sudah digunakan karena terkenal akan khasiatnya untuk pencernaan. Kunyit putih dimanfaatkan untuk mengatasi cacingan, turunnya nafsu makan, perut kembung, buang air besar tidak teratur dan lain sebagainya

Kunyit putih memiliki sifat anti inflamasi yang efektif dalam mengatasi peradangan pada kulit, sehingga tanaman ini juga memiliki manfaat yang bagus untuk kulitTanaman ini digunakan dalam ramuan tradisional Indonesia untuk membantu mengatasi penyakit radang usus. Kunyit putih juga digunakan untuk merawat kesehatan paru-paru pada penderita asma.

Kurkumenol, senyawa yang terdapat di dalam kunyit putih, memiliki kemampuan yang lebih baik dalam meredakan nyeri di banding Pereda nyeri lainnya