Elon musk biography, Tesla, SpaceX, dan Fakta lainnya

By | February 21, 2022

Elon musk biography, Tesla, SpaceX, dan Fakta lainnya – Elon Musk adalah Pengusaha visioner salah satu pendiri PayPal (PYPL) dan Tesla (TSLA) yang karismatik, serta pendiri SpaceX, Neuralink, dan The Boring Company. CEO Tesla dan SpaceX.

Keberhasilannya yang luar biasa telah mensejajarkan dirinya dengan pengusaha visioner lainnya, seperti Steve Jobs, Howard Hughes, Henry Ford, dan Bill Gates.

Pada 2021, ia memiliki perkiraan total kekayaan bersih $ 151 miliar. Dia cuma di dibawah Jeff Bezos sebagai orang terkaya di dunia

Mari kita lihat sekilas kehidupan pria di balik serangkaian perusahaan yang sudah mendisrupsi banyak industri.

Kehidupan Awal

Elon musk lahir tahun 1971 di Pretoria. Ayahnya insinyur, dan ibunya seorang ahli gize. Dia si kecil tertua dan punya 3 saudara. Semuanya berhasil.

Setelah orang tuanya bercerai pada tahun 1980, Musk tinggal bersama ayahnya.Ia kemudian menjuluki pria itu “manusia yang mengerikan hampir tiap-tiap hal jahat yang mungkin Anda pikirkan, telah ia lakukan. “Saya dibesarkan dengan buruk. Saya mengalami banyak kesulitan saat tumbuh dewasa. Satu hal yang aku khawatirkan dengan anak-anak aku yakni mereka tidak menghadapi cukup banyak kesusahan, ”kata Musk kemudian

Dibully ketika kecil

Masa kecil suka sendiri, Musk merupakan kutu buku sehingga tak heran ia benar-benar cerdas.Dia pembaca hebat dan kritis, bacaannya mulai dari ensiklopedia hingga buku komik. Tapi talenta kecerdasan yang dimilikinya tak membantunya sebab afrikaner disana sangat keras.

Musk menimba ilmu di Waterkloof House Preparatory School yang berbahasa Inggris. Dia memulainya setahun lebih awal. Dan selesai dari Pretoria Boys High School. Tahun-tahun yang di ingatnya sebagai tahun paling brutal, karena disekolah hal yang demikian elon musk pernah dipukuli, sampai tak masuk sekolah selama sebagian hari.

Prestasi Permulaan

Jikalau ada titik pelarian yang cemerlang bagi Musk, itu adalah teknologi. Ketika usianya 10 tahun ia menjadi pemrogrammer melewati kursus komputer yang dicontohnya. Setelahnya dia menjadi cukup piawai untuk membikin Blastar sebuah video bergaya Space Invaders. Dia memasarkan kode BASIC tersebut ke sebuah majalah bernama PC and Office Technology seharga $500,11

Dalam salah satu kejadian yang menyebutkan ketika itu, Musk bersama saudaranya berencana untuk membuka video gaming arcade di dekat sekolah mereka. Kesudahannya, orang tua mereka membatalkan rencana tersebut. Tapi ternyata, satu-satunya hal yang menghentikan mereka yaitu perlunya izin kota, yang seharusnya diajukan oleh orang dewasa.

Pada usia 17 tahun

Musk pindah ke Kanada untuk menghindari patut militer Afrika Selatan, yang tugas utamanya pada akhir 1980-an yaitu menegakkan apartheid. Akhirnya dia berkewarganegaraan Kanada dari Ibunya.

Disana Ia kuliah di Queen’s University di Kingston, Ontario. Dan disana juga ia bertemu Justine Wilson, seorang calon penulis. Dan yang akan menjadi istri pertamanya kemudian hari.

Masuk Amerika Serikat
Dua tahun di Queen’s University, Musk ke University of Pennsylvania. mengambil dua jurusan. Dan lulus dengan gelar ganda yaitu gelar Bachelor of Science di bidang Fisika, serta Bachelor of Arts di bidang Ekonomi dari Wharton School. Tetapi fisikalah yang mempunyai kesan terdalam.
“(Fisika adalah) kerangka kerja yang bagus untuk berdaya upaya,” katanya kemudian. “Rebus semuanya menjadi kebenaran mendasar dan semua alasan dari sana.”

Prestasi Terkemuka

Ketika umur 24 tahun, Musk ke California untuk mengejar gelar Ph.D. dalam fisika terapan di Universitas Stanford. Tetapi, dengan meledaknya Internet dan booming Silicon Valley, Musk mempunyai visi kewirausahaan yang menari-nari di kepalanya. Dia memilih meninggalkan Ph.D.

X.com
Pada tahun 1995, dengan $28.000 dia adiknya Kimbal, mengawali Zip2, sebuah perusahaan perangkat lunak yang akan membantu orang di dunia internet. Pada tahun 1999, Zip2 diakuisisi oleh mesin pencari website AltaVista Compaq dengan harga $340 juta. Musk memakai uang pembelian Zip2-nya untuk membuat X.com, yang berharap menjadi aplikasi masa depan perbankan.
X.com digabung dengan perusahaan transfer uang bernama Confinity, dan perusahaan yang dihasilkan kemudian dikenal sebagai PayPal. Musk kemudian digulingkan dari perusahaannya, sebelum dibeli oleh eBay seharga $1,5 miliar, dan ia pergi dengan skor $180 juta.

Sumber Berita : Elon Musk, Tesla, dan Kekayaan Lainnya

Tesla

Pertama, ia mendonasikan dana sekitar $70 juta. Kemudian, pada tahun 2004, Musk bergabung dengan insinyur Martin Eberhard dan Marc Tarpenning untuk membantu mengerjakan Tesla Motors, di mana Musk menjadi bagian integral dalam merancang Tesla Roadster, sebuah kendaraan beroda empat listrik. Sedangkan After Eberhard digulingkan dari perusahaan pada tahun 2007, menyusul serangkaian ketidaksepakatan, Musk mengambil kendali manajemen sebagai CEO dan arsitek produk. Dari kepepimpinannya Tesla berubah menjadi produsen Mobil Hebat dan salah satu mobil paling popular di dunia.

SolarCity

pada tahun 2006, perusahaan layanan energi yang memproduksi dua baterai surya yang dapat diisi ulang, diaplikasikan untuk penyimpanan tenaga stasioner. Powerwall yang lebih kecil dioptimalkan untuk energi cadangan rumah dan penerapan di luar jaringan, sedangkan Powerpack yang lebih besar ditujukan untuk penerapan jaringan utilitas komersial atau listrik.

SpaceX

Musk menerapkan sebagian besar hasil penjualan PayPal-nya untuk mendirikan Space Exploration Technologies Corporation, umumnya dikenal sebagai SpaceX, sebuah perusahaan perjalanan antar bintang. Dengan akunnya sendiri, Musk menghabiskan $100 juta untuk mendirikan SpaceX pada tahun 2002.

Dengan SpaceX, Musk menerima beberapa kontrak profil tinggi dengan NASA dan Angkatan Udara AS untuk merancang roket dan mengerjakan misi militer. Musk telah menyatakan rencananya untuk mengirim astronot ke Mars pada tahun 2025 dalam upaya kolaboratif dengan NASA.

 

Sumber lain: Biography Lainnya