The Fundamental of Marketing atau Dasar Marketing

By | February 19, 2022

Dasar Pemahaman Marketing

Marketing atau Pemasaran dapat dikatakan merupakan sebuah cara maupun metode yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dalam sebuah bisnis. Marketing merupakan akses yang pasti bertujuan untuk meraup keuntungan.

Yakinlah bisnis tidak akan berjalan lancar jika tidak menjalankan tahap marketing. ada banyak metode yang dapat dilakukan untuk memasarkan suatu produk maupun jasa.

Tujuan pasti dari proses pemasaran ini adalah untuk menarik perhatian seluruh masyarakat agar tertarik lalu membeli produk atau jasa yang dipasarkan.

jasa website untuk marketing

 

Kenapa Marketing Itu Penting?

Dalam sebuah usaha, marketing memiliki berbagai fungsi. Marketing tidak hanya dapat membuat masyarakat mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan, tapi juga dapat menaikkan penjualan sampai membuat bisnis semakin berkembang.

Marketing merupakan tahapan terbaik untuk membuat value produk atau jasa yang ditawarkan tetap tinggi. Di dalam persaingan bisnis yang ketat, proses Marketing yang akan menentukan produk atau jasa seperti apa yang nantinya akan membuat pembeli dan calon pembeli bertahan dan membantu bisnis yang dibangun semakin berkembang.

 

Jenis – Jenis Marketing

Ada beberapa jenis marketing yang perlu kita ketahui, yaitu:

1.)   Outbound Marketing

Outbound Marketing merupakan model pemasaran yang lebih menitikberatkan pada promosi melalui berbagai media seperti iklan cetak, iklan TV, telepon hingga email. Metode pemasaran ini disebut “outbound” karena cara kerjanya adalah dengan menyisipkan gambar dan gambar dari suatu produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen tanpa memikirkan apakah pelanggan tersebut membutuhkannya atau tidak.

2.)   Inbound Marketing

Tidak seperti Outbounf Marketing, IInbound Marketing adalah rezim pemasaran yang lebih fokus untuk menarik pelanggan dengan melibatkan mereka dalam strategi. Dalam arti, taktik yang digunakan adalah mengizinkan konsumen untuk mengambil bagian dalam penelitian atau untuk berpartisipasi dalam pertanyaan yang tiba-tiba ditanyakan, misalnya, di mal. Nantinya, data yang diperoleh akan diolah dan digunakan untuk membuat strategi pemasaran yang tepat.

3.)   Digital Marketing

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan media dan teknologi elektronik dan tidak lagi menggunakan cara tradisional. Dengan menggunakan berbagai media elektronik dan teknologi digital, dapat menjangkau audiensnya dengan cepat dan aman. Media yang digunakan antara lain mesin pencari di Internet, jejaring sosial, email.

4.)   Mesin Pencari Marketing / Search Engine Marketing

Pemasaran mesin pencari, atau biasa disebut dengan SEM, adalah metode pemasaran yang mencakup semua kegiatan pemasaran untuk memastikan bahwa produk atau layanan perusahaan Anda muncul di hasil mesin pencari teratas (SERP). Dengan kata lain, ketika konsumen memasukkan kata kunci tertentu, SEM menyebabkan bisnis Anda muncul sebagai hasil terbaik untuk permintaan pencarian tersebut. SEM dibagi menjadi 2 kelas, yaitu search engine optimization (SEO) untuk pencarian organik atau pay per click (PPC) untuk SERP yang disponsori.

5.)   Pemasaran Konten

Pemasaran konten adalah alat penting dalam pemasaran masuk dan pemasaran digital karena konten yang dibuat audiens dan mesin pencari seperti Google dapat menemukan informasi yang mereka butuhkan di Internet. Komponen paling umum dari pemasaran konten adalah jaringan media sosial, blog, konten visual, dan fitur konten premium seperti alat, ebook, atau webinar. Tujuan pemasaran konten adalah untuk membantu konsumen membeli dan menggunakan produk atau layanan Anda untuk pertama kalinya.

6.)   Pemasaran Media Sosial

Pemasaran media sosial adalah bentuk pemasaran yang menciptakan peluang untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan yang saat ini Anda tawarkan dan jual di berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, dan Twitter. Itu saja, ketika Anda menghasilkan uang dari cara pemasaran media sosial ini, Anda harus ingat bahwa 80 persen orang yang menerapkan platform media sosial tidak mencari apa-apa selain hiburan. Oleh karena itu, agar pemasaran media sosial berhasil, disarankan untuk membuat konten yang bermanfaat, informatif, menghibur, dan menarik. Konten unik Anda harus disesuaikan dengan platform spesifik tempat Anda berbagi untuk membantu meningkatkan jangkauan postingan Anda.

Langkah – Langkah Marketing

  1. Branding

Brand dapat didefinisikan sebagai identifikasi diri yang membedakan orang, produk, dan tempat.

Sedangkan branding adalah kegiatan mengomunikasikan, memperkuat, dan memelihara suatu merek untuk memberikan perspektif kepada orang lain yang melihatnya.

Oleh karena itu, branding merupakan upaya untuk menciptakan sebuah brand. Dengan kata lain, proses pendefinisian misi, visi dan logo dapat dikategorikan sebagai branding.

  1. Iklan

Iklan adalah cara yang baik untuk menjangkau audiens Anda. Dengan membuat iklan yang menarik dan mengalokasikan anggaran yang cukup untuk menjangkau lebih banyak pengguna, iklan dapat berdampak langsung pada bisnis. Dampak yang dihasilkan dapat dilihat dalam banyak metrik, seperti peningkatan penjualan atau kesadaran merek.

  1. Kampanye

Kampanye pemasaran adalah upaya pemasaran strategis yang bertujuan untuk mempromosikan bisnis atau hal tertentu untuk perusahaan, merek, atau individu. Tujuan akhir dari kampanye pemasaran biasanya untuk meningkatkan kesadaran organisasi dan mendatangkan pelanggan baru.

  1. Promosi

Dalam dunia pemasaran ada kegiatan promosi yang dilakukan untuk meningkatkan promosi suatu hal, baik itu merek, produk atau perusahaan itu sendiri. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat dan mempengaruhi mereka untuk membeli dan menggunakan produk tersebut.

Acara ini seringkali menggabungkan berbagai bentuk promosi, seperti iklan, diskon atau kaos perusahaan. Banyak cara dan juga media promosi yang bisa dilakukan, walaupun cara promosi ini masih terus ditingkatkan.

Beberapa contoh media promosi adalah media cetak, baliho, baliho, radio, televisi dan internet.

  1. Humas

Pemasaran dengan metode HUMAS adalah cara untuk berhubungan dengan masyarakat yang menggunakan media gratis untuk mengirimkan berita pasar yang positif guna mempengaruhi konsumen dan mencapai penjualan produk yang lebih besar.

 

Itulah beberapa dasar marketing yang harus dipahami supaya bisa sukses di era digital, jika Anda ingin jauh lebih sukses maka bisa gunakan website untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda.

Anda bisa gunakan jasa pembuatan website terbaik untuk membantu meningkatkan kredibilitas bisnis Anda, atau bisa hubungi kontak 082219987770 untuk pesan jasa.