Cara Menghilangkan jerawat punggung

By | February 12, 2022

 

cara mengatasi jerawat punggung

Cara menghilangkan jerawat punggung? Apa sih peyebabnya dan bagaimana cara pencegahan dan mengatasinya? Bagi beberapa orang, Jerawat tidak hanya muncul di bagian wajah namun juga muncul di bagian punggung. Yuk baca artikel ini sampai selesai untuk tahu lebih lanjut tentang penyebab mencegah dan juga cara mengatasinya:

Penyebab jerawat punggung

Jerawat adalah kondisi kulit yang meradang yang ditandai dengan jerawat merah di kulit ketika pori-pori tersumbat oleh kotoran dan sel kulit mati.

Penyebab umum jerawat punggung adalah:

Genetik

Hormon

Keringat

Stres

Cara menghilangkan jerawat punggung:

Makan-makanan yang sehat dan seimbang

Kamu adalah apa yang kamu makan! Pola makan yang tidak sehat dan tidak seimbang dapat memicu timbulnya jerawat. Kamu harus menghindari makan junk food berminyak atau terlalu banyak makanan indeks yang mengandung glikemik tinggi (GI), yang dapat meningkatkan kadar gula darah kamu dengan cepat dan memperparah jerawat. Makan lebih banyak sayuran dan buah segar itu baik untuk mengurangi jerawat lho!

Gunakan sabun cuci yang mengandung Benzoil Peroksida

Jangan biarkan keringat dan kotoran menempel di kulit kamu untuk waktu yang lama. Mereka bisa menjadi penyebab jerawat punggung. Mandilah segera setelah ber-aktivitas atau berolahraga. Menggunakan sabun mandi yang mengandung benzoil peroksida dapat membunuh bakteri di tubuh kamu yang dapat menyebabkan jerawat. Mengenakan pakaian yang longgar juga bisa membuat kulit Anda bernapas dan hindari menggosok keringat dan kotoran ke dalam pori-pori.

Eksfoliasi tubuh kamu secara teratur

Kamu dapat menggunakan lulur lembut yang mengandung salicylic acid untuk mengelupaskan kulit kamu secara teratur. Itu bisa mengeluarkan kotoran dari pori-pori, menghilangkan minyak berlebih dan sel-sel kulit mati. Ini dapat mencegah pori-pori dan jerawat tersumbat secara efektif.

Gunakan pakaian yang longgar

Pakaian yang ketat meningkatkan fraksi, panas dan tekanan pada kulit, serta keringat, minyak, dan kotoran. Hal ini dapat mengiritasi kulit dan memicu jerawat. Mengenakan pakaian longgar dapat mencegah situasi seperti itu dengan melepaskan keringat dengan cepat dan membiarkan kulit kamu bernafas.

Jauhkan rambut dari punggung kamu

Rambut panjang banyak mengandung minyak, kotoran dan produk rambut. Jauhkan rambut kamu dari punggung dengan menguncir ekor kuda untuk mencegah kotoran dan minyak tambahan menyumbat pori-pori kammu. Cuci rambut kamu secara teratur agar tetap bersih.

Cara alami untuk mengatasi jerawat punggung

Minyak pohon teh

Minyak pohon teh mengandung sifat anti bakteri alami yang dapat membunuh bakteri dan mengatasi jerawat punggung secara efektif. Kamu bisa mengoleskan minyak pohon teh ke kulit kamu dengan menggunakan gumpalan kapas setelah mandi. Minyak pohon teh dapat menembus pori-pori yang tersumbat dan mengeringkan bintik-bintik berminyak. Ini juga membantu mengurangi iritasi kulit dan mengurangi kemerahan.

Lidah buaya

Ekstrak lidah buaya dapat membunuh banyak jenis bakteri dan jamur, dan juga hebat dalam mengatasi jerawat karena memiliki sifat anti bakteri dan anti-inflamasinya. Menggunakan gel lidah buaya pada kulit kamu dapat membantu meringankan pembengkakan dengan mengurangi pembengkakan dan kemerahan.

Ini juga dapat membantu mengurangi pembentukan bekas luka jerawat. Cukup oleskan gel lidah buaya ke bekas luka dan pijat kulit. Biarkan selama 20 menit lalu bilas. Lidah buaya dapat membantu meringankan bekas jerawat kamu.

Omega-3

Asam lemak omega 3 bermanfaat bagi kulit dengan mengatur produksi sebum, menjaga tingkat hidrasi tubuh, mencegah jerawat dan mengurangi peradangan.

Tubuh kita tidak dapat memproduksi asam lemak omega-three secara langsung. Jadi, kita harus menyerap asam lemak omega-3 dari makanan. Ada 3 jenis utama asam lemak omega-three. Mereka adalah ALA (asam alfa-linolenat), DHA (asam docosahexaenoic) dan EPA (asam eicosapentaenoic). Makanan yang kaya akan asam lemak omega-three termasuk salmon, walnut, trout, sarden. Anda juga dapat mengonsumsi minyak ikan atau suplemen omega3 untuk meningkatkan asupan kamu.

Kurangi konsumsi susu

Ada hubungan potensial antara susu dan jerawat dengan penelitian yang mendukung bahwa mengonsumsi produk susu dapat meningkatkan risiko jerawat pada orang berusia 7-30 tahun. Teorinya adalah bahwa, faktor hormonal dan inflamasi seseorang dipengaruhi setelah konsumsi produk susu, dan keduanya terkait dengan jerawat. Karena itu, mengurangi asupan produk susu dapat mengurangi pemicu yang memicu jerawat.

Sumber berikut dari Natha.co.id