Penyebab Spareparts Pada AC Cepat Berkarat

By | February 9, 2022

Karat atau berkarat adalah kondisi yang terjadi ketika permukaan besi / logam bersentuhan dengan gas atau zat kimia. Karatan atau Korosi menyebabkan besi / logam alumunium menjadi berlubang, rapuh, dan warnanya berubah jadi kecoklatan serta kasar. Pada AC kemungkinan terjadinya karat bisa saja terjadi, tetapi bisa dikatakan jarang kita temui. Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi penyebab karat pada spareparts AC dirumah atau kantor anda.

karat pada spare parts ac

Karena AC terdapat unit di indoor dan outdoor maka keduanya memiliki kerentanan terhadap karat yang memang berbeda. Pada unit indoor biasanya jarang terjadi karat pada spare parts berbahan besi / alumunium. Berbeda dengan unit outdoor, terkadang ada beberapa spare parts yang cepat berkarat. Penyebabnya ada beberapa yang perlu anda ketahui, nah sekarang kami berikan informasi penyebab karat tersebut yang terjadi di unit indoor maupun outdoor pada Air Conditioner.

Air Hujan

Biasanya hujan dapat menyebabkan karat pada unit outdoor pada bagian spare parts ataupun pada cover mesin outdoor-nya. Namun perlu anda ingat, tidak semua tempat air hujannya dapat menyebabkan karat dengan cepat. Pengaratan akibat air hujan ini terjadi jika wilayah nya berada di dekat pesisir pantai. Karena hujan yang terjadi di dekat pesisir pantai biasanya mengandung kadar garam yang cukup tinggi pada air hujannya. Nah air dengan kadar garam yang tinggi inilah yang biasa menjadi penyebab karat pada spare part AC.

Cara pencegahannya anda bisa menutup unit outdoor-nya dengan plafon kecil yang bisa anda buat sendiri. anda juga bisa menutupnya dengan fiber bagian atas outdoor-nya supaya air hujan tidak mengenai langsung pada unit AC bagian outdoor tersebut.

Air Tanah

Selain air hujan, air yang berasal dari dalam tanah ternyata bisa menjadi penyebab karat pada spare parts AC juga. Sama dengan air hujan, jenis air tanah yang dapat menyebabkan karat dengan cepat adalah air tanah yang berada di sekitar pesisir pantai atau berada cukup dekat dengan pantai. Air tanah tersebut kemungkinan masih memiliki kadar garam yang tinggi dan sudah pasti dapat menjadi penyebab karat lebih cepat pada spare parts dengan bahan besi / alumunium.

Jadi jika anda tinggal berada dekat pantai dan akan melakukan cuci AC kami, sarankan jangan menggunakan air tanah. Anda bisa menggunakan air galon isi ulang atau air PDAM jika tersedia. Dengan menggunakan air galon isi ulang atau air PDAM maka anda dapat mencegah AC anda berkarat lebih cepat.

Dapat kita simpulkan bahwa penyebab spare parts AC berkarat itu terjadi jika spare parts tersebut bersentuhan dengan air dengan kadar garam yang tinggi. Itu disebabkan karena air dengan kadar garam tinggi dapat mempercepat proses pembusukan atau pengaratan besi / logam. Solusi dalam hal tersebut adalah cari atau ganti AC lama anda dengan AC yang sudah memiliki fitur bluefin atau goldfin ya. Karena dengan adanya fitur goldfin atau bluefin yang sudah melapisi spare parts AC berbahan besi / logam, maka akan terlindungi dari karat lebih lama.

Dengan memiliki AC yang terdapat fitur tersebut, maka anda telah memiliki AC yang cukup awet dari karat. Jika AC anda sudah berkarat maka akan sangat merugikan bagi anda sendiri. Contohnya saja karat pada spare part evaporator atau kondensor yang dapat menyebabkan freon bocor. Jika freon AC sudah berkurang atau habis, maka AC anda tidak akan dapat mendinginkan ruangan. Jika sudah begitu anda harus memanggil teknisi AC untuk perbaikannya. Jika unit AC sudah diluar masa garansi atau tidak bisa klaim garansi, otomatis andapun harus mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan AC nya.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai penyebab karat pada spareparts AC. Semoga dapat menambah pengetahuan anda mengenai sedikit kerusakan pada AC dirumah atau kantor anda. Karena pengaratan dapat terjadi pada semua jenis AC seperti AC Split, AC Standar, AC Cassette dan lain-lain. Kami sarankan pilihlah AC Panasonic, Gree, Daikin, Sharp atau lainnya yang dapat mencegah terjadinya karat lebih cepat dengan fitur khusus dari setiap merk.