Mesin Absensi Fingerprint Vs Pelaksanaan Absensi Online. Mana Yang Lebih Baik?

By | January 27, 2022

Mesin absensi fingerprint dan aplikasi absensi online saat ini diperlukan untuk melacak kehadiran karyawan. Di antara ke 2 alat absensi tersebut, mana yg sebaiknya digunakan? 

Perusahaan perlu melacak kehadiran karyawan buat mengetahui karyawan mana yang datang terlambat & datang tepat ketika. Hal ini diharapkan untuk mengetahui taraf kedisiplinan karyawan.

Satu Aplikasi, majemuk Fungsi!

Dokodemo-Kerja, Aplikasi Absensi Online terbaik dengan fitur lengkap buat meningkatkan Produktivitas karyawan. Pengelolaan Absensi & Cuti, Task Management, sampai Evaluasi kinerja karyawan hanya dengan satu pelaksanaan.

Kelola Karyawan Makin Praktis menggunakan Aplikasi HRD Dokodemo-Kerja. Coba Sekarang!

Selain itu, melacak kehadiran karyawan pula diharapkan untuk menciptakan keadilan bagi semua karyawan perusahaan. Tidaklah adil bagi 2 karyawan (jabatan yg sama) buat mendapat upah yang sama jika salahsatu antara lain mampu bekerja selama 40 jam pada seminggu, sedangkan yang lain hanya 32 jam pada seminggu. Oleh karenanya, perusahaan-perusahaan mengandalkan sistem yang dapat melacak daftar kehadiran karyawan secara akurat.

Saat ini ada beberapa jenis mesin absensi yang poly digunakan. Beberapa antara lain adalah mesin absensi fingerprint dan aplikasi absensi online. Diantara kedua sistem tersebut, mana ya yg sebaiknya digunakan? apabila saat ini Anda masih ragu buat menciptakan pilihan, berikut kami sajikan penjelasannya buat Anda.Pengertian Mesin Absensi Fingerprint & Aplikasi Absensi Online

Sesuai dengan namanya, mesin absensi fingerprint adalah mesin absensi yg menggunakan sidik jari (fingerprint) buat mencatat kehadiran karyawan. Biasanya mesin absensi ini tersedia pada bentuk hardware yang terpasang pada dekat akses buat masuk ke tempat kerja.

Untuk memakai mesin absensi ini, karyawan cukup menempelkan jari pada alat sensor yg disediakan & sistem akan mencatat data kehadiran karyawan secara otomatis. Perlu Anda ketahui, mesin absensi fingerprint ini sudah usang dikenal dan sampai ketika ini masih diminati oleh banyak perusahaan karena sangat gampang digunakan. 

Berbeda dengan mesin absensi fingerprint yang sudah usang dikenal, aplikasi absensi online bisa dikatakan sebagai sistem absensi yang cukup baru. Perkembangan teknologi yg telah semakin maju menghadirkan sebuah sistem absensi yg bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Dengan pelaksanaan absensi ini, data absensi karyawan bisa disimpan dalam database berbasis cloud.

Selain itu, pelaksanaan absensi online juga dapat diinstal dalam perangkat yang digunakan oleh karyawan buat bekerja seperti laptop atau smartphone. Dengan demikian, perusahaan tidak perlu melakukan instalasi perangkat pada dalam gedung perkantoran.

Baca Juga: lima Fungsi Aplikasi Absensi Mobile dalam Mengelola Tim SalesMesin Absensi Fingerprint vs Aplikasi Absensi Online

Agar Anda mampu memilih sistem absensi mana yg usahakan dipergunakan, berikut kami berikan perbandingan antara mesin absensi fingerprint dengan aplikasi absensi online.1. Kemudahan Penggunaan

Mesin absensi fingerprint & pelaksanaan absensi online sebenarnya sama-sama mudah buat dipakai. Namun bagi perusahaan yg mempunyai karyawan yg nir familiar menggunakan teknologi digital mungkin akan sedikit kesulitan untuk mengoperasikan pelaksanaan absensi online. Perusahaan yg menggunakan aplikasi absensi online perlu mengadakan training miniagar semua karyawan bisa mengoperasikan majemuk fitur yg disediakan di dalamnya.

Mesin absensi fingerprint jauh lebih gampang buat digunakan. Karyawan hanya relatif menyentuh alat sensor dalam mesin & sistem akan mendeteksi sidik jari karyawan. Sistem lalu akan mencatat jam kehadiran karyawan secara otomatis.dua. Fungsionalitas

Sekarang kita membandingkan fungsionalitas antara ke 2 sistem absensi tersebut. Mesin absensi fingerprint dalam dasarnya digunakan untuk mencatat jam kehadiran & jam terselesaikan bekerja karyawan. Selain itu, mesin ini juga pada biasanya dapat diintegrasikan ke sistem manajemen penggajian buat memudahkan tim HRD pada menghitung gaji karyawan.

Jika dibandingkan menggunakan pelaksanaan absensi online, mesin absensi fingerprint mempunyai lebih sedikit fungsionalitas. Aplikasi absensi online pada dasarnya adalah bagian berdasarkan sistem HRIS yaitu sistem buat mengelola karyawan. Jadi, pelaksanaan absensi online memiliki lebih poly fungsionalitas. Beberapa fitur umum yang disediakan sang aplikasi absensi online seperti:absensi onlinemenghitung total jam kerjamelacak lokasi karyawanmengelola perlop tahunanmanajemen tugas karyawanmengelola gaji& masih banyak lagitiga. Efisiensi & efektifitas penggunaan sistem

Dari segi efisiensi dan efektifitas, penggunaan aplikasi absensi online jauh lebih unggul berdasarkan mesin absensi fingerprint. Alat absensi biometrik misalnya melalui sidik jari umumnya akan membutuhkan saat lebih lamabuat memindai dan mencatat kehadiran karyawan. Akibatnya, dalam pagi hari atau sore hari akan terdapat antrian panjang karyawan yg ingin melakukan clock in atau clock out. Terkadang sistem juga akan kesulitan buat memindai ketika jari karyawan dalam kondisi yang basah atau terluka.

Aplikasi absensi online jauh lebih efektif buat mencatat absensi masuk & absensi keluar karyawan. Aplikasi akan diinstal dalam perangkat karyawan misalnya laptop atau smartphone sebagai akibatnya proses absensi bisa dilakukan dari perangkat masing-masing. Hal ini tentu jauh lebih efektif & efisien.4. Keamanan

Dari sisi keamanan, mesin absensi fingerprint & aplikasi absensi online mempunyai plus dan minus masing-masing. Aplikasi absensi online pada umumnya memakai istilah sandi, pin, atau kode keamanan sehingga karyawan yg mengetahui akses tersebut dapat melakukan absensi untuk rekan kerjanya. Berbeda menggunakan sistem biometrik yg menggunakan sidik jari sehingga absensi nir sanggup diwakilkan sang orang lain.

Di sisi lain, sistem absensi mempunyai data-data krusial yang tersimpan di dalamnya. Peretas akan mencoba aneka macam cara buat bisa meretas kode keamanan tadi. Saat istilah sandi atau username diketahui sang peretas, pengguna bisa segera mengatur ulang kata sandi tadi. Namun sayangnya, waktu data biometrik ke mesin absensi fingerprint dicuri maka Anda tidak dapat mengatur ulang akses tadi.

Solusi jitu kelola karyawan berdasarkan jarak jauh!

Sistem HRIS sophisticated buat memonitor kinerja & produktivitas karyawan Anda. WFO atau WFH? Kelola keduanya! Tetap Produktif dengan Dokodemo-Kerja.

Aplikasi HRIS terjangkau buat tingkatkan produktivitas.Cek di sini!

Sifat unik biometrik mungkin menyediakan cara untuk mengidentifikasi orang dengan tingkat akurasi yg tinggi, tetapi waktu akses tadi dicuri maka tidak terdapat yang dapat Anda lakukan buat membuatnya aman balik . Ini berarti sangat krusial untuk melindungi data biometrik mentah Anda supaya tidak bocor ke pihak yang tidak diinginkan.Sumber: www.pixabay.com/elvtimemaster5. Higiene

Aplikasi absensi online jauh lebih bersih daripada mesin absensi fingerprint. Perlu diingat bahwa waktu ini kita masih menghadapi pandemi virus Covid-19 & virus tersebut bisa menyebar dari sentuhan insan.

Diketahui berdasarkan www.cnnindonesia.com, beberapa perusahaan di Indonesia menjadi klaster penularan karena indera absensi fingerprint. Saat Anda memakai mesin absensi fingerprint, maka mesin tersebut bisa sebagai media penularan virus. Hal ini sanggup terjadi lantaran mesin absensi fingerprint adalah fasilitas atau media yg dipakai oleh banyak orang. 

Berbeda menggunakan pelaksanaan absensi online yang diinstal di masing-masing perangkat karyawan  sehingga Anda nir perlu sering menyentuh fasilitas atau alat-alat yang dipakai beserta di kantor. Dengan demikian, Anda mampu meminimalisir penularan virus di area perkantoran.6. Fleksibilitas

Kali ini kita akan mengulas perkara fleksibilitas penggunaan berdasarkan ke 2 sistem absensi tersebut. Mesin absensi fingerprint membutuhkan karyawan buat tiba ke kantor buat bisa memberikan absensi sehingga perusahaan nir sanggup menerapkan sistem kerja remote atau Work From Home.

Oleh karena itu, bila perusahaan Anda mempunyai planning buat memakai sistem kerja jeda jauh seperti kerja remote atau WFH, maka ada baiknya bila Anda menentukan menggunakan pelaksanaan absensi online. Melalui aplikasi ini, absensi bisa dilakukan pada mana saja secara digital. Bahkan, pelaksanaan absensi dapat dipakai oleh tim marketing yang sedang berkunjung di lokasi klien.7. Biaya yg wajibdikeluarkan

Aplikasi absensi online dapat dikatakan sanggup menghemat pengeluaran perusahaan. Untuk menggunakan aplikasi absensi online, Anda hanya perlu menginstal sistem ke pada perangkat. Berbeda menggunakan mesin absensi fingerprint yg membutuhkan instalasi sistem di dalam gedung. apabila Anda memiliki cabang perusahaan, tentu Anda perlu menyediakan beberapa mesin buat ditempatkan di masing-masing gedung. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *