Cara Menentukan Mesin Absensi Terbaik Buat Menaikkan Kedisiplinan Karyawan

By | January 27, 2022

Beberapa saat lalu, Intermezzo sudah membahas pentingnya absensi untuk menilai kedisiplinan karyawan. Nah, pertanyaannya kiniadalah: bagaimana cara memilih mesin absensi terbaik buat menaikkan kedisiplinan karyawan?

Hal ini penting untuk diketahui, lantaran tidak semua mesin absensi efektif buat menilai kedisiplinan karyawan. Kok sanggup? Simak pembasahannya ini dia.

Mari kita mulai menggunakan mengetahui beberapa jenis mesin absensi yg terdapat pada pasaran.

Hingga saat ini, ada poly sekali tipe-tipe mesin absensi. Mulai menurut yg bersifat analog, biometrik, sampai berteknologi time track. Apa saja disparitas masing-masing mesin absensi tadi? Check it out!

Jenis-Jenis Mesin Absensi

1. Mesin Absensi Analog

Berdasarkan sejarah indera penghitung ketika kerja karyawan, mesin absensi kartu manual adalah jenis pertama kali yg digunakan di tempat kerja semenjak lebih kurang 2 abad silam. Mesin absensi ini sering diklaim jua menggunakan istilah mesin ceklok atau mesin absensi analog.

Mesin absensi analog ini terdiri berdasarkan slot atau lubang buat memasukkan kartu absen karyawan dan jam analog yg menunjukkan ketika saat ini. Waktu pada waktu karyawan memasukkan kartunya ke pada slot inilah yang akan dicetak dalam kartu absen (real time).

Harga mesin absensi ini relatif murah & cocok digunakan buat perusahaan berskala kecil menggunakan jumlah karyawan di bawah 100 orang.

Namun, mesin absensi analog ini kurang relevan buat digunakan di zaman serba digital misalnya sekarang. Selain boros kertas, penggunaan mesin absensi analog jua kurang efektif, karena karyawan harus mengantri relatif usang untuk ceklok satu per satu.

Mesin analog ini juga rawan pemalsuan, lantaran karyawan yg membandel sanggup berbuat curang dengan menitipkan kartu absensinya waktu mereka bolos kerja.

dua. Mesin Absensi Digital Berbasis PIN

Mesin Absensi Digital merupakan mesin absensi yg memakai metode digital buat mengabsen karyawan. Mesin ini sudah terdapat sekitar tahun 1970.

Umumnya, mesin absensi digital mempunyai beberapa tombol (nomor& abjad) serta layar digital yang memberitahuakn ketika atau teks yg ditampilkan. Melalui tombol tersebut, karyawan dapat memasukkan password/ barcode/ angka PIN sebagai tanda absensi.

Alat ini terbilang relatif efektif dibandingkan mesin absensi analog. Selain saat absensi yg lebih singkat, manajer/ HRD jua dapat mengontrol daftar hadir karyawan secara real time melalui personal komputer .

Akan tetapi, sistem absensi ini masih rawan terjadi pemalsuan. Sebab, karyawan sanggup saja menitip absen dengan cara memberitahu nomorPIN dalam temannya.

3. Mesin Absensi Magnetic Card

Memasuki tahun 1980, muncullah mesin absensi digital berbasis magnetic card. Mesin absensi ini tidak jauh tidak selaras dengan mesin absensi digital berbasis PIN,  lantaran data absensi dapat dikelola secara digital di personal komputer .

Bedanya, mesin absensi ini memakai sistem magentic card buat melakukan absensi. Jadi, identitas karyawan yg telah didata pada sistem mesin absensi ini dapat pribadi dideteksi hanya dengan menggesekkan kartu pada slot mesin.

Itu adalah pemakaian mesin absensi digital ID card/swipe card lebih mudah & simpel. Dari segi harga, mesin absensi magnetic card pula lebih murah.

Tetapi, lagi-lagi mesin absensi jenis ini masih sangat rawan dilakukan pemalsuan, karena karyawan masih bisa menitipkan kartu pada temannya saat bolos kerja.

4. Mesin Absensi Biometrik (Fingerprint & Face ID)

Mesin absensi biometrik ini merupakan gebrakan baru dalam penggunaan mesin absensi. Umumnya ada tiga maca sensor biometrik yang bisa dipakai buat absensi, yaitu: sidik jari (fingerprint), paras (face ID), dan retina mata.

Cara penggunannya jua cukup gampang. Untuk sidik jari, pengguna hanya perlu menempelkan salahsatu jarinya ke bagian pendeteksi sensor mesin absensi. Untuk face ID, pengguna relatif menghadapkan wajahnya dalam layar yang masih ada dalam mesin absensi.

Sedangkan untuk sensor retina mata, pengguna cukup menghadapkan retina mata pada layar mesin.

Ketiga sensor biometrik tadi cukup mudah dipakai dan tidak memerlukan poly waktu buat merekam data absensi.

Dan yang lebih penting, mesin absensi biometrik sulit dipalsukan, karena sensor bisa membedakan sidik jari dan face ID secara lebih jelasnya dalam setiap orang.

Sehingga, karyawan curang yang ingin titip absen pun akan berpikir 100x buat melakukannya.

Dari segi harga memang lebih mahal dibanding harga mesin absensi yg dibahas sebelumnya. Tetapi, mesin ini dapat sebagai inventaris yang relatif berharga buat menaikkan kedisiplinan karyawan Anda.

5. Mesin Absensi + Akses Kontrol Pintu

Mesin absensi ini umumnya memakai teknologi biometrik seperti yg sudah dibahas sebelumnya. Akan namun mesin ini dilengkapi fitur akses kontrol yg sanggup mengatur siapa sajakah yg dapat keluar-masuk tempat kerja Anda.

Dengan adanya akses kontrol ini tentu bisa membantu Anda pada menaikkan keamanan kantor. Lantaran, hanya sidik jari & face ID orang-orang yang sudah terdaftar pada sistem mesin absensi saja yang bisa keluar-masuk tempat kerja Anda.

Dengan menggunakan alat ini, Anda akan dapatkan dua laba sekaligus, yaitu keamanan kantor meningkat dan kedisiplianna karyawan Anda pun jua semakin tinggi.

6. Mesin Absensi Time Track

Mesin absensi berteknologi time track adalah penemuan terkini mesin absensi, dimana pengguna dapat meng-input data absensinya secara jarak jauh.

Alat ini umumnya dipakai oleh perusahaan-perusahaan menggunakan banyak karyawan lapangan, seperti sales lapangan, teknisi suppot, dan kurir.

Di tempat kerja masih permanen dipasang mesin absensi biometrik, akan namun setiap manajer & karyawan lapangan akan dibekali aplikasi absensi pada smartphone-nya, sehingga bisa melakukan absensi secara jarak jauh tanpa wajibceklok ke tempat kerja.

Manajer/ HRD yg bertugas di kantor pula dapat memantau kinerja karyawan lapangan mereka lewat pelaksanaan yang terintegrasi dengan GPS. Sehingga, manajer bisa mengetahui dimana lokasi karyawan lapangan mereka berada secara real time.

Untuk memastikan apakah karyawan tadi berada pada lokasi yang sempurna, manajer juga bisa meminta si karyawan lapangan mengirim fotonya secara selfie di lokasi penugasan.

Tentu mesin absensi ini sangat bermanfaat buat mengukur & meningkatkan kedisiplinan karyawan lapangan. apabila selama ini Anda gundah bagaimana mengawasi kinerja karyawan yg bertugas di lapangan, sekarang dengan mesin absensi time track Anda nir perlu galau lagi.

Demikian 6 jenis mesin absensi yang perlu Anda ketahui.

Nah, bagaimana? Apakah Anda sudah mulai terdapat pandangan buat memilih jenis mesin absensi yg mana?

Baiklah, buat mempermudah Anda pada memilih mesin absensi terbaik buat mempertinggi kedisiplinan karyawan Anda, coba praktekkan tips berikut ini.

Inilah cara mudah menentukan mesin absensi terbaik untuk menaikkan kedisiplinan karyawan Anda.

1. Kenali Kebutuhan Kantor Anda

Untuk menerima mesin absensi terbaik yang Anda butuhkan, Anda wajibmengenali kebutuhan kantor Anda terlebih dahulu. Beda kebutuhannya, beda pula mesin absensinya.

Untuk memudahkan Anda mengenali kebutuhan tempat kerja Anda, coba perhatikan beberapa hal berikut.

a. Cari Tahu Apa Tujuan Mesin Absensi pada Kantor Anda?

Hal pertama yg perlu Anda ketahui adalah apa tujuan Anda membeli mesin absensi. Apakah hanya digunakan buat mencatat daftar kehadiran saja? Atau Anda jua ingin menghitung daftar kehadiran karyawan secara lebih jelasnya?

Misalnya, menghitung berapa ketika keterlambatan, kelebihan saat istirahat, atau berapa hari biardan bolos kerja.

Atau, mungkin Anda pula membutuhkan mesin absensi yg bisa merekap daftar kehadiran karyawan & mengintegrasikannya ke sistem penggajian di tempat kerja Anda.

Jadi, ketika karyawan Anda bolos kerja, jatah gaji mereka akan otomatis terpotong sesuai peraturan yang diterapkan di tempat kerja Anda.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda dapatr menentukan mesin absensi biometrik yg sudah terintegrasi perangkat lunak payroll. Sehingga, sistem absensi sulit dipalsukan & data penggajian bisa terotomatis dihitung oleh software.

Atau mungkin, jika tujuan Anda membeli mesin absensi adalah untuk memantau pekerja lapangan, maka jenis mesin absensi yg cocok buat Anda adalah tipe time track.

Dengan tipe mesin absensi tadi, Anda sanggup memantau kinerja karyawan lapangan Anda secara real time dimana pun & kapan pun.

b. Perhatikan Jumlah Karyawan Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *